Untuk menggunakan layanan RBV secara fulltext, Anda gunakan login yang teraktivasi pada UT-Online (http://elearning.ut.ac.id) dan terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Terbuka
SPGK4307 – Bimbingan Konseling di SD
Arie Rakhmat Riyadi, Alpin Herman Saputra, Eko Kuswanti
- Edisi 1 / 2 SKS / 6 Modul
- 306 Halaman : ilustrasi ;27 cm.
- ISBN 9786231538536
- ISBN 9786231538543 (elektronik)
- Tangerang Selatan : Universitas Terbuka, 2025
- Kelas DDC [23 ] ‘371.4
“Buku Materi Pokok (BMP) SPGK4307 Bimbingan Konseling di SD dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai konsep dasar, pendekatan, dan implementasi Bimbingan Konseling (BK) di Sekolah Dasar (SD). Modul 1 membahas konsep dasar BK, termasuk tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsipnya yang relevan dengan kebutuhan peserta didik di tingkat SD. Modul 2 fokus pada karakteristik peserta didik, termasuk tugas perkembangan yang harus dicapai, sehingga mahasiswa dapat memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh anak usia sekolah dasar dalam proses perkembangan mereka. Dalam praktiknya, mata kuliah ini juga memberikan keterampilan teknis melalui Modul 3 yang membahas teknik asesmen dan pengumpulan data kebutuhan peserta didik. Modul ini membantu mahasiswa memahami cara menganalisis kebutuhan siswa sebagai dasar untuk merancang layanan BK yang efektif. Selanjutnya, Modul 4 dan 5 memberikan panduan tentang perencanaan dan pelaksanaan layanan BK di SD. Mahasiswa akan belajar menyusun program BK yang sesuai dengan karakteristik peserta didik serta bagaimana mengimplementasikan program tersebut secara optimal dalam lingkungan sekolah. Sebagai penutup, Modul 6 mengajarkan bagaimana melakukan penilaian, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut terhadap layanan BK yang telah diberikan. Hal ini bertujuan untuk memastikan efektivitas layanan dan memberikan perbaikan berkelanjutan sesuai dengan hasil evaluasi. Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional untuk menjadi konselor yang efektif dalam membantu peserta didik SD mencapai perkembangan optimal baik secara akademik maupun personal.”