Untuk menggunakan layanan RBV secara fulltext, Anda gunakan login yang teraktivasi pada UT-Online (http://elearning.ut.ac.id) dan terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Terbuka
SPFI4209 – Evaluasi Pembelajaran Fisika
Rachmawati, Widiasih
- Edisi 1 / 3 SKS / 9 Modul
- 592 Halaman: ilustrasi; 27 cm
- ISBN 9786342491621
- ISBN (E) 9786342491638
- Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2025
- Kelas DDC [23] 592
Buku Materi Pokok (BMP) SPF14209 Evaluasi Pembelajaran Fisika ini membahas secara komprehensif konsep dan praktik evaluasi pembelajaran, mulai dari pengertian tes, pengukuran, penilaian, dan evaluasi beserta sejarah, tujuan, fungsi, serta jenis-jenis penilaian seperti formatif, sumatif, diagnostik, dan penempatan. Penilaian terhadap ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dijelaskan melalui berbagai bentuk seperti tes tertulis, proyek, portofolio, observasi, dan penilaian diri. Materi ini juga membedakan antara tes dan non-tes, serta memandu guru dalam menyusun instrumen penilaian yang tepat, baik soal esai, pilihan ganda, maupun angket. Selain itu, teori klasik dan modern dalam analisis penilaian serta pengenalan aplikasi seperti Anates dan Winsteps membantu guru menganalisis hasil belajar secara objektif. Pengolahan hasil dengan pendekatan PAN dan PAP, serta pelaporan dan pemanfaatan data evaluasi dibahas untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Bagi guru SMP/SMA atau sederajat, materi ini sangat berguna untuk merancang penilaian yang adil, akurat, dan bermakna, serta sebagai dasar dalam mengambil keputusan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.


