Untuk menggunakan layanan RBV secara fulltext, Anda gunakan login yang teraktivasi pada UT-Online (http://elearning.ut.ac.id) dan terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Terbuka
SOSI4405 – Sosiologi Konsumsi (Edisi 3)
Damsar
- Edisi 3 / 3 SKS / 9 Modul
- 378 Halaman: ilustrasi; 27 cm (A4)
- ISBN 9786234808407
- Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2022
- Kelas DDC 23: –
Sosiologi Konsumsi adalah suatu kajian yang mempelajari hubungan antara masyarakat, yang didalamnya terjadi proses dan pola interaksi sosial, dalam hubungannya dengan konsumsi. Dalam hubungan tersebut, dapat dilihat bagaimana konsumsi mempengaruhi masyarakat. Masyarakat sebagai realitas eksternal-objektif akan menuntut individu dalam melakukan kegiatan konsumsi, seperti apa yang boleh dikonsumsi, bagaimana mengonsumsinya, dan di mana mengonsumsinya. Tuntutan tersebut biasanya dari budaya, termasuk didalamnya ad at istiadat, hukum, dan agama. Selanjutnya, bagaimana konsumsi mempengaruhi masyarakat, yang di dalamnya ada proses interaksi? Pada saat ini iklan-iklan berbagai produk telah meresap di seluruh lapisan masyarakat. Hal ini tentunya menimbulkan keinginan masyarakat untuk membeli produk yang diinginkan. Sementara itu, kemampuan untuk membeli produk tersebut terbatas. Akibatnya banyak masyarakat yang mencari jalan pintas, seperti menodong, mencopet, melacur, korupsi, dan sebagainya demi untuk memenuhi keinginannya. Jadi pol a konsumsi yang dipengaruhi oleh serbuan iklan suatu produk mengakibatkan seseorang melakukan hal-hal yang melanggar aturan yang berlaku di masyarakat. Kajian tentang konsumsi dalam sosiologi tidak hanya di monopoli oleh sosiologi konsumsi, tetapi sebagian pokok bahasan dalam konsumsi juga bisa di kaji oleh cabang sosiologi lainnya, seperti sosiologi kebudayaan, sosiologi pengetahuan, sosiologi pasar, sosiologi uang, sosiologi pariwisata, dan lainnya.