Untuk menggunakan layanan RBV secara fulltext, Anda gunakan login yang teraktivasi pada UT-Online (http://elearning.ut.ac.id) dan terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Terbuka
EKMA4369 – Manajemen Operasi Jasa
Dorothea Wahyu Ariani
Edisi 1 / 3 SKS / Modul 1-9
532 halaman: ilustrasi; 21 cm.
ISBN 9789790116412
Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014
DDC 23: 658.4034
MatakuliahManajemenOperasiJasamembahasmaterimengenai manajemen operasi jasa dalam perusahaan. Pembahasan ditekankan padadasar-dasarmanajemenoperasijasa,penerapandanteknik-teknik operasi jasa. Pembahasan diawali dengan pengertian manajemen operasi jasa untuk memberikan dasar pengetahuan mengenai operasi jasa bagi mahasiswa. Pembahasan dilanjutkan dengan materi mengenaidesain sistem operasi jasa, strategi operasi jasa, dan pengukuran kinerja. Pembahasan berikutnya adalah pembahasan mengenai teknik-teknik dalam manajemen operasi jasayang meliputi penentuan lokasi fasilitas, penentuan tata letak, dan teori antrean. Pada bagian akhir dibahas mengenai perencanaan sumber daya dan manajemen sumber daya dalam operasi jasa mengingat jasa memiliki karakteristik tertentu sehingga memerlukan pengelolaan yang baik.