Page 72 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 72
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
• Balikan, yang disampaikan untuk menanggapi respons
yang kira-kira diberikan oleh mahasiswa dan sebagai batu
loncatan untuk menuju pada bagian materi ajar
berikutnya.
Tutorial cetak demikian akan berdampak pada gaya
penulisan, yang selanjutnya dapat menciptakan hubungan
virtual di antara mahasiswa dengan tutor (dosen) yang sangat
diperlukan dalam suatu proses pembelajaran. Sentuhan
pribadi yang hangat dan akrab dapat menjembatani
terciptanya suatu suasana yang mendorong keterbukaan
mahasiswa dalam belajar.
Dalam penerapan tutorial cetak, penulis dapat mengawali
tulisannya dengan sajian kasus, contoh, pemecahan masalah,
rancangan lanjutan, ajakan refleksi, pertanyaan pemandu,
atau apa pun yang dapat membuat pebelajar tertarik,
tertantang, dan penasaran. Awal sajian sebaiknya tidak
langsung pada materi ajar. Sementara itu, paparan
selanjutnya dapat diselang-seling antara bahasan konseptual
dengan contoh, tugas, pertanyaan, dan penilaian.
Pendekatan induktif-deduktif dan deduktif-induktif dapat pula
digunakan secara kombinasi.
Penataan struktur materi pelajaran pun hendaknya
memperhatikan hakikat dan karakteristik materi ajar. Materi
eksakta seperti Matematika dan Sains cenderung memiliki
hubungan antarelemen yang bersifat hierarkis. Artinya,
pebelajar dituntut memahami lebih dulu suatu konsep atau
keterampilan daar untuk dapat memahami dengan mudah
konsep atau keterampilan berikutnya. Sebaliknya, materi
sosial umumnya bersifat berurut atau linear.
Rowntree (dalam Lockwood, 1994) mengidentifikasi
model ragam sajian materi ajar sebagai berikut.
59