Page 72 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 72

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



            •   Balikan,  yang  disampaikan  untuk  menanggapi  respons
               yang kira-kira diberikan oleh mahasiswa dan sebagai batu
               loncatan  untuk  menuju  pada  bagian  materi  ajar
               berikutnya.


            Tutorial  cetak  demikian  akan  berdampak  pada  gaya
            penulisan,  yang  selanjutnya  dapat  menciptakan  hubungan
            virtual di antara mahasiswa dengan tutor (dosen) yang  sangat
           diperlukan  dalam  suatu  proses  pembelajaran.  Sentuhan
           pribadi  yang  hangat  dan  akrab  dapat  menjembatani
           terciptanya   suatu  suasana  yang  mendorong  keterbukaan
           mahasiswa dalam belajar.
               Dalam penerapan tutorial cetak,  penulis  dapat mengawali
           tulisannya dengan sajian kasus,  contoh,  pemecahan masalah,
           rancangan  lanjutan,  ajakan  refleksi,  pertanyaan  pemandu,
           atau  apa  pun  yang  dapat  membuat  pebelajar  tertarik,
           tertantang,  dan  penasaran.  Awal  sajian  sebaiknya  tidak
           langsung  pada  materi  ajar.   Sementara  itu,   paparan
           selanjutnya dapat diselang-seling  antara  bahasan  konseptual
           dengan    contoh,   tugas,   pertanyaan,   dan   penilaian.
           Pendekatan  induktif-deduktif dan  deduktif-induktif  dapat pula
           digunakan secara kombinasi.
               Penataan  struktur  materi  pelajaran  pun  hendaknya
           memperhatikan  hakikat  dan  karakteristik  materi  ajar.  Materi
           eksakta  seperti  Matematika  dan  Sains  cenderung  memiliki
           hubungan  antarelemen  yang  bersifat  hierarkis.  Artinya,
           pebelajar  dituntut  memahami  lebih  dulu  suatu  konsep  atau
           keterampilan  daar  untuk  dapat  memahami  dengan  mudah
           konsep  atau  keterampilan  berikutnya.  Sebaliknya,  materi
           sosial umumnya bersifat berurut atau linear.
               Rowntree  (dalam  Lockwood,  1994)  mengidentifikasi
           model ragam sajian materi  ajar sebagai berikut.



                                                                 59
   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76   77