Page 69 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 69

Yunus dan Pannen,  Pengembangan Bahan  Ajar ....



         tengah   agar    tidak   memfrustasikan   mahasiswa    yang
         berkemampuan  awal  tidak  tinggi,  dan  menghilangkan  minat
         belajar mahasiswa yang  berkemampuan awal tidak rendah.  Untuk
         menentukan  garis  tengah  tersebut,  sangat  diperlukan  penilaian
         profesional  penulis.


         C.  Modus Pembelajaran yang Mengaktifkan

                Satu  pertanyaan  yang  kerap dilontarkan orang  yang  tidak
         pernah  bersentuhan  dengan  PT  JJ  adalah:  "Mungkinkah  sebuah
         bahan  ajar dapat membelajarkan  mahasiswa?"  Padahal,  belajar
         bukan  hanya  memerlukan  pengembangan  konseptual  dan
         keterampilan  dalam  belajar,  tetapi  juga  kemampuan  untuk
         mengelola  diri  sebagai  pebelajar  dan  membangun  hubungan
         sosial antara  pebelajar dengan pengajar.
                Justru  karena  itulah,  bahan  ajar  PT  JJ  tidak  boleh  hanya
         berisi  materi  ajar  seperti  halnya  buku  teks,  tetapi  juga  secara
         integratif memuat berbagai aktivitas dan pengalaman belajar yang
         bermakna.   Untuk  itu,  apa  pun  pendekatan  instruksional  yang
         dipakai.  bahan ajar harus dapat memicu dan  memacu mahasiswa
         secara  aktif  untuk  belajar.  Aktivitas  belajar  dalam  bahan  ajar
         harus  memberikan  kesempatan  bagi  pebelajar untuk  menguji  ide
         dan  pandangan,  pengalaman,  cerminan  implikasinya  bagi  belajar
         mereka,  serta  memantau  dan   mengecek  pemahaman  atau
         kemajuan  belajarnya.  Ketika  berhadapan  dengan  bahan  ajar,
         pebelajar  diharapkan  terlibat  secara  aktif,  bukan  sebagai
         pebelajar  pasif  yang  kehilangan  daya  kritis  dan  kreativitasnya
         karena senantiasa menerima apa pun yang disampaikan penulis.
                Oleh  karenanya,  bahan  ajar  harus  mampu  mendorong
         mahasiswa  untuk  merefleksikan  tujuan,  proses,  dan  kemajuan
         belajarnya.  Refleksi  dibangun  melalui  pertanyaan  retoris  dan





         56
   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74