Page 66 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 66
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK ]AUH
B. Pengguna Bahan Ajar.
Bahan ajar ditulis untuk kepentingan mahasiswa. Bukan
untuk kepentingan penulis atau institusinya semata. Oleh karena
itu, kriteria awal bahan ajar PT JJ yang baik adalah yang dapat
memenuhi keb.utuhan peserta didik. Untuk menghasilkan bahan
ajar seperti itu, penulis hendaknya bertolak dari pertanya~n: (1)
Siapa mahasiswa say~? dan (2) Bagaimana kema.m.puan awal
mereka? Akan sangat baik apabila jawaban terhadap _kedua
pertanyaan itu didasarkan atas data yang benar.
Seperti umumnya mahasiswa PT JJ, mahasiswa UT pun
sangat heterogen. Sekitar 80 persen mahasiswa UT telah
bekerja, baik sebagai pegawai negeri sipil, pegawai swasta,
maupun wiraswasta, dengan kebutuhan dan kesiapan belajar
yang bervariasi. Kemampuan sosial-ekonomi mereka merentang
dari strata atas hingga strata bawah. Sebagai mahasiswa
perguruan tinggi, mereka serendah-rendahnya berlatar belakang
pendidikan SMU atau yang sederajat. Tidak sedikit pula yang
telah memiliki diploma bahkan ada yang telah sarjana. Mereka
tinggal dan tersebar, dari lingkungan geografis ibu kota yang
kosmopolit. hingga ke pelosok kampung di sekitar 13.000 pulau
di Indonesia. Bahkan ada pula yang berada di luar negeri.
Motivasi mereka dalam belajar pun bervariasi: semata-mata
untuk menambah wawasan dan meningkatkan kualitas diri,
meningkatkan gengsi diri, memberikan contoh bagi anak dan
keluarganya; dan lebih banyak lagi untuk kepentingan
peningkatan unjuk kerja atau karier.
Tak kalah pentingnya untuk dipahami oleh penulis adalah
kultur dan kemampuan belajar umumnya mahasiswa. Para ahli
PT JJ (Garland, 1993; Simpson, 2000) serta riset yang dilakukan
oleh Kadarko (2002) menyimpulkan bahwa secara kultural
mahasiswa UT belum terlalu siap mengantisipasi dan
53