Page 65 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 65

Yunus dan  Pannen,  Pengembangan  Bahan Ajar ....



            •   Mengembangkan  strategi  dan  keterampilan  belajar  yang
                mandiri.
            •   Menekankan pada tujuan pembelajaran.
            •   Ditata sesuai dengan kebutuhan  pebelajar.
            •   Bertolak dari target pebelajar yang jelas.
            •   Berisi  fitur,  tanda,  atau  simbol  yang  dapat  memotivasi
                pebelajar.
            •   Berangkat  dari  keterampilan  belajar  yang  diperoleh
                pebelajar.
            •   Memberikan pembelajaran yang dipersyaratkan.
            •   Mendorong  pebelajar  untuk  menerapkan  pengetahuan
                dan keterampilan yang dipelajari.
            •   Mengajukan berulang kali pertanyaan kepada pebelajar.
            •   Memberikan balikan.
            •   Menguji dan menggali konsep yang dimiliki pebelajar.
            •   Memberikan  cukup  latihan  yang  dapat  memajukan
                belajar.
            •   Menuntut kegiatan baca dan aktivitas.
            •   Memungkinkan pebelajar untuk mengecek dan  merefleksi
                proses dan kemajuan belajarnya.
            •   Mengemas  sajian  yang  membantu  untuk  dapat  belajar
                secara efisien.
            •   Menata  informasi  yang  diperlukan  pebelajar  untuk  setiap
                bagian.


                Selanjutnya,  untuk  mewujudkan    ciri  lengkap  dan
         membelajarkan dalam  bahan  ajar PT  JJ,  sekurang-kurangnya  ada
        tiga  hal  yang  harus diperhatikan.  Ketiga  hal  itu  berkaitan  dengan
         keadaan  pebelajar  (mahasiswa  sebagai  pengguna  bahan  ajar),
         modus  pembelajaran  yang  mengaktifkan,  serta  pengemasan
         bahan  ajar.





         52
   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70