Page 65 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 65
Yunus dan Pannen, Pengembangan Bahan Ajar ....
• Mengembangkan strategi dan keterampilan belajar yang
mandiri.
• Menekankan pada tujuan pembelajaran.
• Ditata sesuai dengan kebutuhan pebelajar.
• Bertolak dari target pebelajar yang jelas.
• Berisi fitur, tanda, atau simbol yang dapat memotivasi
pebelajar.
• Berangkat dari keterampilan belajar yang diperoleh
pebelajar.
• Memberikan pembelajaran yang dipersyaratkan.
• Mendorong pebelajar untuk menerapkan pengetahuan
dan keterampilan yang dipelajari.
• Mengajukan berulang kali pertanyaan kepada pebelajar.
• Memberikan balikan.
• Menguji dan menggali konsep yang dimiliki pebelajar.
• Memberikan cukup latihan yang dapat memajukan
belajar.
• Menuntut kegiatan baca dan aktivitas.
• Memungkinkan pebelajar untuk mengecek dan merefleksi
proses dan kemajuan belajarnya.
• Mengemas sajian yang membantu untuk dapat belajar
secara efisien.
• Menata informasi yang diperlukan pebelajar untuk setiap
bagian.
Selanjutnya, untuk mewujudkan ciri lengkap dan
membelajarkan dalam bahan ajar PT JJ, sekurang-kurangnya ada
tiga hal yang harus diperhatikan. Ketiga hal itu berkaitan dengan
keadaan pebelajar (mahasiswa sebagai pengguna bahan ajar),
modus pembelajaran yang mengaktifkan, serta pengemasan
bahan ajar.
52