Page 60 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 60
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
Keberadaan tim ini dapat membantu memperkuat aktivitas
pembelajaran dalam bahan ajar. Hasilnya pun lebih cepat.
Namun demikian, dalam melaksanakan tugasnya, komponen
penata perlu melakukan pendekatan yang baik terhadap
komponen pemrakarsa karena mereka tidak selalu mau
menerima buram tulisannya diambil alih dan diperbaiki oleh tim
pengubah.
Selain itu, pengembangan bahan ajar pun dapat
dilakukan oleh tim pengemas. Tim bertugas merekreasi bahan
ajar PT JJ dengan mengambil buku teks atau referensi yang
sudah tersedia, dan menulis panduan belajar tentangnya, dengan
tambahan media noncetak yang diperlukan.
Pentingnya pengembangan bah an ajar PT JJ oleh tim
disebabkan oleh banyaknya keahlian yang diperlukan untuk
menghasilkan bahan ajar yang baik. Sulit dibayangkan pelbagai
keahlian itu dapat dimiliki oleh satu orang. Mungkin ada orang
yang demikian, tapi pasti tidak banyak. Di samping itu penyiapan
hingga produksi suatu bah an ajar PT JJ memerlukan waktu dan
dana yang tidak sedikit. Karena itulah penyiapan dan penanganan
bahan ajar harus dilakukan sebaik dan sematang mungkin. Dalam
pembelajaran tatap muka, jika dosen menemukan ketidakberesan
dalam pembelajaran, baik dari sisi materi, metodologi, maupun
kekurangantusiasan mahasiswa terhadap pembelajaran yang
disampaikannya, maka dengan seketika dia dapat segera
memperbaikinya. Namun tidak demikian bila hal itu terjadi dalam
bahan ajar PT JJ. Untuk mengetahui kekeliruan atau
kekurangtanggapan mahasiswa terhadap bahan ajar diperlukan
proses yang tidak sederhana dan waktu yang tidak sebentar,
apalagi memperbaiki dan memproduksinya kembali. Diperlukan
waktu dan dana yang tidak sedikit.
Untuk itulah, tanpa berpretensi memberikan resep terbaik
dalam pengembangan bahan ajar PT JJ, tulisan ini bermaksud
47