Page 63 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 63

Yunus dan  Pannen,  Pengembangan Bahan Ajar ....



         sepenuhnya  benar,  maka  institusi  PT JJ  berkewajiban  untuk
         mendidik dan  membantu mereka menjadi  pembelajar mandiri.  Di
         antaranya,  melalui  bahan ajar yang  membelajarkan  mahasiswa,
         serta  pelatihan atau  pun  ragam  bantuan belajar lain yang  sesuai,
         seperti tutorial dan konseling (Simpson, 2000).
                Menurut  Lockwood  (1998),  bahan  ajar  PT JJ  yang
         berkarakter membelajarkan diri pebelajar  memiliki ciri-ciri sebagai
         berikut.
            •   Belajar  individual,  yakni  mahasiswa  dapat  belajar  sendiri
                tanpa  harus menunggu jumlah tertentu  untuk membentuk
                kelompok belajar.
            •   Belajar  dapat  terjadi  kapan  dan  di  mana  saja   tanpa
                terikat  oleh  waktu  atau  tempat  tertentu.  Pebelajar dapat
                memutuskan  sendiri  waktu  dan  tempat  belajar  yang
                diinginkan sesuai dengan keadaannya.
            •   Materi  ajar  terstandar,  maksudnya  semua  mahasiswa
                menerima dan  menggunakan bahan dan  materi ajar yang
                sam  a.
            •   Pengajaran  yang  terstruktur,  artinya  sajian  bahan  ajar
                ditata  sedemikian  rupa  yang  mencerminkan  strategi
                pembelajaran    yang  diperkirakan  paling  efektif  dan
                efisien.
            •   Belajar  aktif,  yakni  setiap  individu  belajar  melalui
                pengalaman  belajar yang  bermakna dengan  bertolak dari
                ide-ide  atau  topik-topik  yang  disajikan,  daripada  sekedar
                menelan apa yang diceritakan tentang ide-ide itu.
            •   Memiliki  balikan  yang  memungkinkan  mahasiswa  secara
                terus-menerus  memperoleh  masukan  untuk  membantu-
                nya memonitor dan memperbaiki kemajuan belajarnya.
            •   Memiliki  tujuan  pembelajaran  yang  jelas  sehingga
                mahasiswa  dapat  memahami  kompetensi  yang  mesti
                dicapainya.



         50
   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68