Page 63 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 63
Yunus dan Pannen, Pengembangan Bahan Ajar ....
sepenuhnya benar, maka institusi PT JJ berkewajiban untuk
mendidik dan membantu mereka menjadi pembelajar mandiri. Di
antaranya, melalui bahan ajar yang membelajarkan mahasiswa,
serta pelatihan atau pun ragam bantuan belajar lain yang sesuai,
seperti tutorial dan konseling (Simpson, 2000).
Menurut Lockwood (1998), bahan ajar PT JJ yang
berkarakter membelajarkan diri pebelajar memiliki ciri-ciri sebagai
berikut.
• Belajar individual, yakni mahasiswa dapat belajar sendiri
tanpa harus menunggu jumlah tertentu untuk membentuk
kelompok belajar.
• Belajar dapat terjadi kapan dan di mana saja tanpa
terikat oleh waktu atau tempat tertentu. Pebelajar dapat
memutuskan sendiri waktu dan tempat belajar yang
diinginkan sesuai dengan keadaannya.
• Materi ajar terstandar, maksudnya semua mahasiswa
menerima dan menggunakan bahan dan materi ajar yang
sam a.
• Pengajaran yang terstruktur, artinya sajian bahan ajar
ditata sedemikian rupa yang mencerminkan strategi
pembelajaran yang diperkirakan paling efektif dan
efisien.
• Belajar aktif, yakni setiap individu belajar melalui
pengalaman belajar yang bermakna dengan bertolak dari
ide-ide atau topik-topik yang disajikan, daripada sekedar
menelan apa yang diceritakan tentang ide-ide itu.
• Memiliki balikan yang memungkinkan mahasiswa secara
terus-menerus memperoleh masukan untuk membantu-
nya memonitor dan memperbaiki kemajuan belajarnya.
• Memiliki tujuan pembelajaran yang jelas sehingga
mahasiswa dapat memahami kompetensi yang mesti
dicapainya.
50