Page 67 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 67

Yunus dan  Pannen,  Pengembangan  Bahan Ajar ....



          menyesuaikan  diri  terhadap  perubahan  dari  (1)  ketergantungan
          terhadap  dosen  atau  guru  menjadi  belajar  mandiri,  (2)  belajar
          tatap  muka  ke  belajar jarak jauh,  (3)  belajar dari  sumber lisan  ke
          sumber  belajar  berbasis  teks  tertulis,  (4)   lingkungan  belajar
          kampus ke lingkungan rumah.
                 Dalam  konteks  UT,  simpulan atas temuan tersebut dapat
          dipahami dari dua hal.  Pertama,  UT sebagai sebuah institusi PT JJ
          adalah  yang  pertama  dan  saat  ini  hanya  satu-satunya  di
          Indonesia. Sementara itu,  hampir seluruh  mahasiswa yang masuk
          ke  UT  dibesarkan  dan  dididik  dalam  lingkungan  belajar  yang
          interaksi  antara  guru  atau  dosen-mahasiswa  dilakukan  secara
          tatap  muka  dalam  waktu  dan  tempat  yang  sama,  termasuk
          segenap  hal  lain  yang  terkait  dengan  studi  mereka.  Oleh  karena
          itu  pula,  bahan  ajar  PT  JJ  sebaiknya  tidak  hanya  menyajikan
          materi  pelajaran  dan  aktivitas  instruksional,  tetapi  juga  sekaligus
          perlu  mendidik  mereka  dengan  strategi  belajar  yang  efektif.
          Kedua,  pelbagai  penelitian,  termasuk  temuan  riset  komparatif
          antarnegara  yang  dilakukan  UNESCO,  menunjukkan  betapa
          minat,  kebiasaan,  dan  keterampilan  membaca  masyarakat
          Indonesia  pada  umumnya  sangat tidak  menggembirakan.  Hal  ini
          pasti   akan   berpengaruh   besar  terhadap   kesiapan   dan
          keberhasilan  mereka  dalam  studi  di  UT  yang  menggunakan
          media,  terutama media  cetak,  sebagai wahana belajarnya,  serta
          menuntut otonomi dan  kemandirian mahasiswa dalam belajar.
                 Yang  juga  harus  diperhatikan  penulis  dalam  mengem-
          bangkan  bahan  ajar  adalah  peruntukan  jenjang  program.  Untuk
          mahasiswa jenjang program apa,  bahan ajar itu ditulis?  lni terkait
          dengan  keluasan  dan  kedalaman  ruang  materi  sajian.  Ruang
          kurikuler  bahan  ajar  untuk  mahasiswa  diploma  pasti  tidak  persis
          sama  dengan  jenjang  sarjana,  yang  juga  pasti  berbeda  dengan
          program  magister.  lni  harus  dipahami  betul  oleh  penulis,  sebab
          latar belakang pendidikan,  pengalaman  keilmuan,  dan  lingkungan




          54
   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72