Page 62 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 62

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



       berminggu?  Pun.  apabila  referensi  itu  tersedia  dalam  internet.  Di
       samping  ketersediaan  internet  tidak  merata  di  seluruh  bagian
       wilayah Indonesia, tingkat melek komputer mahasiswa pun  masih
       rendah.  Jadi,  kalau  pun  penulis merekomendasikan  referensi  lain
       untuk  dicari  dan  dipelajari  oleh  mahasiswa,  hal  itu  lebih  bersifat
       anjuran  untuk  keperluan  pengayaan  mahasiswa.  bila  mungkin
       dilakukan.
               Sementara    itu.   karakteristik   "membelajarkan   diri
       mahasiswa"  menuntut  bah an  ajar  PT JJ  agar  dapat  merangsang
       dan  mendukung  terbentuknya  pengalaman  belajar  mahasiswa
       yang  berkualitas  secara  mandiri  serta  refleksi  atas proses belajar
       yang  dilakukannya.  Bahan  ajar  harus  dapat  menghidupkan
       imajinasi  dan  aktivitas  mental.  memicu  motivasi  belajar.  dan
       mendorong  mahasiswa  untuk  melakukan       pelbagai  modus
       aktivitas belajar mahasiswa yang bermakna.
               Apakah  dengan  cara  tersebut  mahasiswa  dapat  serta
       merta  membelajarkan  dirinya  dengan  baik?   Dengan  asumsi
       bahwa  mahasiswa  PT  JJ  adalah  orang  yang  dengan  insiatifnya
       sendiri  berkeinginan  untuk  meningkatkan  mutu  diri  dan  telah
       bersiap  menempuh  segala  konsekuensinya,  maka  mahasiswa
       diharapkan  dapat  berlaku  proaktif  dalam  mengatasi  kesulitan
       belajarnya  serta  mengambil  keputusan  yang  tepat  agar  proses
       belajarnya  tetap  berlangsung  dan  berjalan  secara  efektif.
       Bagaimana bila asumsi itu ternyata tidak terpenuhi?
               Riset  menunjukkan  bahwa  cukup  banyak  mahasiswa
        PT  JJ   yang  tidak  siap  mengubah  kultur  belajar  diri  dari
       pembelajaran  terbimbing,  seperti  pada  tatap  muka,  menjadi
       pembelajaran  independen  dalam  PT JJ.  dan  dari  pembelajaran
       berbasis  kelas  ke  pembelajaran  berbasis  teks.  Gejala  belajar
       terbimbing  dan  belajar  dengan  menghapal  merupakan  gejala
        universal  yang  cukup  banyak  dijumpai  pada  mahasiswa  PT  JJ
       (Carr,  Ed.  1999;  Kadarko,  2002).  Jadi.  bila  asumsi  itu  tidak


                                                                 49
   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67