Page 62 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 62
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
berminggu? Pun. apabila referensi itu tersedia dalam internet. Di
samping ketersediaan internet tidak merata di seluruh bagian
wilayah Indonesia, tingkat melek komputer mahasiswa pun masih
rendah. Jadi, kalau pun penulis merekomendasikan referensi lain
untuk dicari dan dipelajari oleh mahasiswa, hal itu lebih bersifat
anjuran untuk keperluan pengayaan mahasiswa. bila mungkin
dilakukan.
Sementara itu. karakteristik "membelajarkan diri
mahasiswa" menuntut bah an ajar PT JJ agar dapat merangsang
dan mendukung terbentuknya pengalaman belajar mahasiswa
yang berkualitas secara mandiri serta refleksi atas proses belajar
yang dilakukannya. Bahan ajar harus dapat menghidupkan
imajinasi dan aktivitas mental. memicu motivasi belajar. dan
mendorong mahasiswa untuk melakukan pelbagai modus
aktivitas belajar mahasiswa yang bermakna.
Apakah dengan cara tersebut mahasiswa dapat serta
merta membelajarkan dirinya dengan baik? Dengan asumsi
bahwa mahasiswa PT JJ adalah orang yang dengan insiatifnya
sendiri berkeinginan untuk meningkatkan mutu diri dan telah
bersiap menempuh segala konsekuensinya, maka mahasiswa
diharapkan dapat berlaku proaktif dalam mengatasi kesulitan
belajarnya serta mengambil keputusan yang tepat agar proses
belajarnya tetap berlangsung dan berjalan secara efektif.
Bagaimana bila asumsi itu ternyata tidak terpenuhi?
Riset menunjukkan bahwa cukup banyak mahasiswa
PT JJ yang tidak siap mengubah kultur belajar diri dari
pembelajaran terbimbing, seperti pada tatap muka, menjadi
pembelajaran independen dalam PT JJ. dan dari pembelajaran
berbasis kelas ke pembelajaran berbasis teks. Gejala belajar
terbimbing dan belajar dengan menghapal merupakan gejala
universal yang cukup banyak dijumpai pada mahasiswa PT JJ
(Carr, Ed. 1999; Kadarko, 2002). Jadi. bila asumsi itu tidak
49