Page 64 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 64
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
• Penggunaan bahasa bersifat interaktif dan personal untuk
menciptakan situasi komunikasi yang akrab, dekat, dan
dialog is.
Ciri-ciri itulah yang membedakan bahan ajar PT JJ dengan
buku teks. Perbedaan keduanya dapat diberikan dalam tabel
berikut.
BAHAN AJAR YANG MEMBELAJARKAN
BUKU TEKS
MAHASISWA (PT JJ)
• Berasumsi pembaca berminat • Membangkitkan minat
• Dirancang untuk umum • Dirancang untuk pengguna khusus
• Jarang menetapkan tujuan belajar • Selalu menetapkan tujuan belajar
• Ditata untuk para ahli/yang berpe- • D1tata menurut kebutuhan pebelajar
ngalaman
• Sedikit atau tidak ada penilaian diri • Menekankan pada penilaian diri
• Jarang mengantisipasi kesulitan • Menjaga potensi kesulitan pengguna
pengguna
• Biasanya menyajikan ringkasan • Selalu menyajikan ringkasan
• Menggunakan gaya impersonal • Menggunakan gaya personal
• Padat isi/materi • Tidak hanya berisi/beorientasi pad a
materi
• Pada tala letak • Tata letak lebih terbuka
• Pandangan pembaca jarang diminta • Evaluasi pembelajar selalu disediakan
• Tidak ada saran tentang keterampilan • Menyajikan saran belajar
bela jar
• Bertujuan untuk presentasi yang • Bertujuan untuk keberhasilan mengajar
ilmiah
• Dapat dibaca secara pasif • Memerlukan respon yang aktif
Pendeknya, berdasarkan pengalaman praktis dan
referensi yang relevan, bahan ajar cetak PT JJ seyogyanya
memiliki ciri-ciri sebagai berikut (Lihat pula Dekkers dan Kemp
dalam Lockwood, 1995).
• Ditulis untuk memuaskan pebelajar.
• Berfokus pada pengalaman pebelajar.
51