Page 64 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 64

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



            •   Penggunaan bahasa bersifat interaktif dan personal untuk
                menciptakan  situasi  komunikasi  yang  akrab,  dekat,  dan
               dialog  is.

               Ciri-ciri itulah yang  membedakan bahan ajar PT JJ dengan
        buku  teks.  Perbedaan  keduanya  dapat  diberikan  dalam  tabel
        berikut.

                                         BAHAN AJAR YANG MEMBELAJARKAN
                 BUKU TEKS
                                               MAHASISWA (PT JJ)
      •   Berasumsi pembaca berminat   •   Membangkitkan minat
      •   Dirancang untuk umum         •   Dirancang untuk pengguna khusus
      •   Jarang menetapkan tujuan belajar   •   Selalu menetapkan tujuan belajar
      •   Ditata  untuk  para  ahli/yang  berpe-  •   D1tata menurut kebutuhan pebelajar
          ngalaman
      •   Sedikit atau tidak ada penilaian diri   •   Menekankan pada penilaian diri
      •   Jarang   mengantisipasi   kesulitan   •   Menjaga potensi kesulitan pengguna
          pengguna
      •   Biasanya  menyajikan ringkasan   •   Selalu menyajikan ringkasan
      •   Menggunakan gaya impersonal   •   Menggunakan gaya personal
      •   Padat isi/materi             •   Tidak  hanya  berisi/beorientasi  pad a
                                           materi
      •   Pada tala letak              •   Tata letak lebih terbuka
      •   Pandangan pembaca jarang diminta   •   Evaluasi pembelajar selalu disediakan
      •   Tidak  ada  saran  tentang  keterampilan   •   Menyajikan saran belajar
          bela jar
      •   Bertujuan  untuk  presentasi   yang   •   Bertujuan untuk keberhasilan mengajar
          ilmiah
      •   Dapat dibaca secara pasif    •   Memerlukan respon yang aktif

                Pendeknya,   berdasarkan   pengalaman   praktis   dan
        referensi  yang  relevan,  bahan  ajar  cetak  PT  JJ   seyogyanya
        memiliki  ciri-ciri  sebagai  berikut  (Lihat  pula  Dekkers  dan  Kemp
        dalam Lockwood,  1995).
            •   Ditulis untuk memuaskan pebelajar.
            •   Berfokus pada pengalaman pebelajar.




                                                                  51
   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69