Page 61 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 61
Yunus dan Pannen, Pengembangan Bahan Ajar ....
mengupas ancangan teoretis dan strategi pengembangan bahan
aJar, khususnya bahan ajar cetak.
A. Ancangan Teoretis Pengembangan Bahan Ajar
Sebagaimana dikemukakan pada awal tulisan ini, dalam
sistem PT JJ, bahan ajar memegang peranan yang sang at vital
karena perannya sebagai satu-satunya medium utama
pembelajaran mahasiswa. Menurut sejumlah riset yang telah
dilakukan, kualitas bahan ajar ini dapat mempengaruhi retensi
dan keberhasilan studi mahasiswa PT JJ (Simpson, 2000). Riset
yang dilakukan Kember dan Grow (dalam Carr, Ed., 1999)
menunjukkan betapa sajian bahan ajar yang melulu bergaya
ceramah atau penyampaian informasi, dan bukan pembelajaran
yang interaktif, kian memperparah ketidakmandirian pebelajar
sehingga kian mengentalkan gaya belajar menghafal yang kerap
dikaitkan dengan miskin dan rendahnya capaian belajar.
Mengingat misi strategis yang diembannya, bahan ajar
PT JJ seyogyanya memiliki sekurang-kurangnya dua karakteristik,
yaitu lengkap dan membelajarkan diri pebelajar. Karakteristik
lengkap mengharuskan suatu bahan ajar PT JJ menyediakan
segenap materi ajar yang perlu dikuasai mahasiswa dan
memungkinkannya untuk mencapai tujuan atau kompetensi
suatu mata pelajaran Pertanyaannya, mengapa harus /engkap?
Salah satu jawabannya adalah karena tidak semua mahasiswa
memiliki akses untuk memperoleh sumber belajar lain, terlebih-
lebih untuk konteks mahasiswa PT JJ UT yang tersebar dari kota
besar hingga ke pelosok terpencil Nusantara dengan rata-rata
tingkat kemampuan ekonomi yang tidak terlalu menggembirakan.
Ke mana mereka akan mencari referensi lain yang diwajibkan,
bila untuk mencapai ibu kota tempat lazimnya toko buku besar
berada harus dicapai melalui perjalanan berhari-hari, bahkan
48