Page 58 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 58
Pengembangan Bahan Ajar
Pendidikan Tinggi ]arak ]auh
alam konteks pendididikan tinggi jarak jauh (PT JJ)
D
seperti Universitas Terbuka (UT), bahan ajar menempati
posisi strategis yang sang at vital. PT JJ bersifat komuni-
kasi yang tidak bersemuka (noncontigous communication), yaitu
komunikasi antara pebelajar dengan dosen berlangsung secara
terpisah dari segi waktu dan tempat. Pembelajaran mahasiswa
dijembatani dengan bahan ajar, baik yang cetak maupun
noncetak. Karena itu, dalam PT JJ bahan ajar merupakan satu-
satunya medium yang memungkinkan mahasiswa belajar secara
independen dan otonom. Mahasiswa berinteraksi, menggali dan
mengkaji ilmu pengetahuan, memecahkan masalah, serta
berefleksi melalui bahan ajar sebagai sumber, sumber ilham, dan
sekaligus guru bagi mahasiswa.
Oleh karena bahan ajar mewakili sosok dosen dan
keberadaannya didesain untuk membelajarkan mahasiswa, maka
sajian dalam bahan ajar harus berorientasi kepada kepentingan
belajar mahasiswa. Di dalamnya bukan hanya termuat materi
ajar, tetapi juga berbagai modus kegiatan yang dapat
merangsang, memacu, dan menantang mahasiswa untuk belajar
dan menilai sendiri kemajuan belajar yang diperolehnya. Karena-
nya, pengembangan bahan ajar cetak yang berkualitas bagi PT JJ
45