Page 58 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 58

Pengembangan Bahan Ajar


             Pendidikan Tinggi ]arak ]auh














                alam  konteks  pendididikan  tinggi  jarak  jauh  (PT JJ)
        D
                seperti  Universitas Terbuka (UT),  bahan ajar menempati
                posisi  strategis  yang  sang at  vital.  PT  JJ  bersifat  komuni-
        kasi  yang  tidak  bersemuka  (noncontigous  communication),  yaitu
        komunikasi  antara  pebelajar  dengan  dosen  berlangsung  secara
        terpisah  dari  segi  waktu  dan  tempat.  Pembelajaran  mahasiswa
        dijembatani  dengan  bahan  ajar,  baik  yang  cetak  maupun
        noncetak.  Karena  itu,  dalam  PT  JJ  bahan  ajar  merupakan  satu-
        satunya  medium  yang  memungkinkan  mahasiswa  belajar secara
        independen  dan  otonom.  Mahasiswa  berinteraksi,  menggali  dan
        mengkaji  ilmu  pengetahuan,  memecahkan  masalah,  serta
        berefleksi melalui bahan ajar sebagai  sumber,  sumber ilham, dan
        sekaligus guru bagi mahasiswa.
               Oleh  karena  bahan  ajar  mewakili  sosok  dosen  dan
        keberadaannya  didesain  untuk membelajarkan  mahasiswa,  maka
        sajian  dalam  bahan  ajar  harus  berorientasi  kepada  kepentingan
        belajar  mahasiswa.  Di  dalamnya  bukan  hanya  termuat  materi
        ajar,  tetapi  juga  berbagai  modus  kegiatan  yang  dapat
        merangsang,  memacu,  dan  menantang  mahasiswa  untuk  belajar
        dan  menilai  sendiri  kemajuan  belajar yang  diperolehnya.  Karena-
        nya,  pengembangan  bahan ajar cetak yang  berkualitas bagi  PT JJ


                                                                  45
   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63