Page 53 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 53
Zuhairi, Supannan, Toha, Universitas Maya (Virtual): 0000
sumber daya yang dimiliki institusi. Hanya program UM/PJJ
berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pengguna yang dapat
mempertahankan kelestariannya.
D. Simpulan dan lmplikasi
Teknologi belajar maupun kebutuhan belajar berubah
cepat Hal ini menuntut pendidik maupun institusi pendidikan
untuk cepat menyesuaikan dengan perubahan tersebut Teknologi
berbasis cetak tetap penting dalam PJJ, sedangkan teknologi
baru meniliki prospek memfasilitasi akses dan proses belajar
mahasiswa. Teknologi baru memberikan fleksibilitas dan
melengkapi pilihan bagi mahasiswa serta memfasilitasi jaringan
kemitraan antarinstitusi. Pertanyaannya kemudian adalah apakah
mahasiswa benar-benar memiliki akses dan bersedia
menggunakan teknologi secara bertanggung jawab, bebas dari
kecurangan, dan apakah institusi benar-benar mampu
menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk
mendukung pemanfaatan teknologi baru secara efektif.
Sistem PJJ dituntut untuk dapat mengintegrasikan
pemanfaatan teknologi baru, seperti internet dan kemudian
teknologi tanpa kabel, dalam program pembelajarannya guna
mempermudah proses belajar mahasiswa. Dilengkapi dengan
sarana dan prasarana yang memadai, institusi PJJ ditantang
untuk memberikan layanan berkualitas yang diperlukan
pengguna. Dukungan pemerintah diperlukan dalam bentuk
kebijakan yang jelas dalam hal penyediaan sarana dan prasarana
serta pemanfaatan teknologi. Pertanyaan yang perlu dijawab
tuntas adalah kebijakan pemerintah semacam apa yang
diperlukan bagi terselenggaranya UM secara efektif. Program UM
harus dilaksanakan secara selektif dan hati-hati untuk menjamin
38