Page 49 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 49
Zuhairi, Supannan, Toha, Universitas Maya (Virtual): ....
kesempatan be/ajar melalui tindakan dan memberikan balikan
secara konsisten dan individual. UM memungkinkan proses
pendidikan kapan saja dan di mana saja.
Sistem PJJ maupun belajar melalui program UM
menghendaki kesiapan belajar mandiri mahasiswa. lnovasi
penggunaan internet dalam pendidikan tinggi di Indonesia
bukanlah persoalan mudah karena sebagian besar
mahasiswa tidak memiliki akses Internet. Sekalipun di
berbagai kota di daerah telah dikembangkan jaringan Warung
Internet (Warnet), akses terhadap Internet masih dirasakan
cukup mahal dan tidak mudah bagi sebagian besar
mahasiswa UT yang pada umumnya tinggal di daerah
terpencil atau pedesaan. UT telah meluncurkan berbagai
program pendidikan melalui internet tetapi sangat sedikit
diakses oleh mahasiswa, walaupun untuk mengaksesnya
mahasiswa tidak perlu membayar selain biaya Internet. UT
menyediakan tutorial online untuk 171 mata kuliah, namun
hanya 56 mata kuliah yang diakses mahasiswa. Jumlah
mahasiswa yang memanfaatkan fasilitas tutorial online hanya
sebanyak 3.381 orang dan mahasiswa yang aktif berinteraksi
secara online hanya sebanyak 775 orang (UT, 2003). lni
menunjukkan masih rendahnya minat, tingkat melek TIK
serta daya jangkau mahasiswa UT dalam memanfaatkan
Internet. Masalah biaya, aksesibilitas dan aspek teknis masih
menjadi kendala utama.
5. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam menyeleng-
garakan program UM Banyak program UM yang diluncurkan
universitas terkemuka di dunia berhasil dengan baik. Namun
perlu dicatat bahwa kondisi serta prasyarat bagi terseleng-
garanya program UM tersebut dapat dipenuhi. Ada beberapa
pertanyaan mendasar yang harus dijawab institusi di
34