Page 50 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 50

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



             Indonesia   secara   mendasar  dan   jujur  untuk   dapat
             menyelenggarakan  suatu  program  UM  yang  berkualitas.
             Apakah  institusi  mampu  menyediakan  sumber  daya  yang
             diperlukan? Apakah  mahasiswa memiliki akses yang  mudah?
             Apakah    pihak   berkepentingan   (industri,   pemerintah.
             masyarakat,  orang  tua)  dapat  membantu  memenuhi  kondisi
             dan  prasyarat  terselenggaranya  program  UM  berkualitas?
             Apakah  mahasiswa  melek  teknologi  dan  memiliki  budaya
             menggunakan  TIK  secara  memadai?  Apakah  pengguna jasa
             mampu    memberikan    kontribusi   yang   memadai   atau
             membayar  bagi  terselenggaranya  program  UM  berkualitas?
             Jika  jawaban  terhadap  pertanyaan  tersebut  adalah  "tidak",
             maka  tidak  akan  ada  kisah  sukses  program  UM  berkualitas,
             sebagaimana  yang  telah  ditunjukkan  dalam  kasus  pada  dua
             universitas di Amerika Serikat.

         6.  Prospek masa depan UM di Indonesia.  Tidak dapat dipungkiri
             bahwa  perkembangan  TIK,  internasionalisasi  dan  globalisasi
             memberikan peluang bagi institusi pendidikan untuk mengem-
             bangkan  program  UM.  Beberapa  universitas  di  Indonesia
             telah  memulai  eksperimen  dan  inovasi  dalam  penerapan
             program  UM.  Secara  pelan  tetapi  pasti,  kita  secara  alamiah
             bergerak  ke  arah  peningkatan  penggunaan  TIK  walaupun
             tidak harus sepenuhnya menjadi UM.
                Ada  beberapa  hal  mendasar yang  perlu  diperhatikan  dan
             harus dilalui.  Pertama,  masyarakat atau  mahasiswa kita perlu
             dididik untuk mampu belajar secara mandiri,  dan menciptakan
             budaya  belajar  mandiri,  ini  perlu  usaha.  Kedua,  pihak  yang
             berkepentingan  dalam  pendidikan  perlu  bahu-membahu
             memikirkan  dan  turut  serta  memberikan  sumbangan  nyata
             bagi  terselenggaranya  program  UM  berkualitas.  Ketiga,
             universitas  perlu  saling  bekerja  sama  dalam  eksperimen  dan


                                                                   35
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55