Page 47 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 47
Zuhairi, Supannan, Toha, Universitas Maya (Virtual): ....
manufaktur menjadi lebih didorong oleh pengetahuan Sistem
PJJ memiliki potensi mendorong pertukaran dan diseminasi
pengetahuan, karena sifat institusi pendidikan sebagai "rumah
alami", tempat terjadinya proses penciptaan, pertukaran dan
penyebaran pengatahuan.
2. Pengertian dan latar belakang penyelenggaraan Universitas
Maya (UM). lstilah universitas maya/virtual berikut istilah
serupa yang menyertainya seperti virtual classroom, virtual
learning, virtual reality lebih merupakan suatu metafora, dan
tidak selalu bermakna radikal sebagaimana istilah itu sendiri
(Collis & Moon en. 2001 ). lstilah UM mengandung makna
beragam UM dapat berarti suatu gagasan yang
memungkinkan siapa saja, di mana saja ia berada dapat
belajar pada sebuah universitas sambil bekerja atau berada di
rumah. lstilah UM dipergunakan untuk menggambarkan
universitas tatap muka yang menjadi fleksibel dalam hal
menawarkan program kepada maha-siswa. UM memungkin-
kan mobilitas serta partisipasi maha-siswa pada suatu mata
kuliah atau program di berbagai institusi. Apapun pengertian
yang diberikan, UM dapat dilaksanakan dengan memanfaat-
kan Internet atau menyebarkan pengetahuan melalui jaringan
(web).
3. Operasionalisasi UM Operasionalisasi UM menimbulkan
konsekuensi serta implikasi dalam berbagai perspektif
Pertama dari perspektif mahasiswa, UM meningkatkan
mobilitas dan interaksi antara mahasiswa dan dosen tanpa
melalui kegiatan tatap muka serta partisipasi dalam aktivitas
belajar. Kedua dari perspektif dosen. UM meningkatkan
peluang kerja sama, kolaborasi penelitian serta interaksi
profesional bagi dosen serta mahasiswa yang dibimbingnya.
32