Page 47 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 47

Zuhairi,  Supannan, Toha,  Universitas Maya  (Virtual):  ....



             manufaktur menjadi  lebih  didorong  oleh  pengetahuan  Sistem
             PJJ  memiliki  potensi  mendorong  pertukaran  dan  diseminasi
             pengetahuan, karena sifat institusi pendidikan sebagai "rumah
             alami",  tempat  terjadinya  proses  penciptaan,  pertukaran  dan
             penyebaran pengatahuan.


          2.  Pengertian  dan  latar belakang  penyelenggaraan  Universitas
              Maya  (UM).  lstilah  universitas  maya/virtual  berikut  istilah
              serupa  yang  menyertainya  seperti  virtual  classroom,  virtual
              learning,  virtual  reality  lebih  merupakan  suatu  metafora,  dan
             tidak  selalu  bermakna  radikal  sebagaimana  istilah  itu  sendiri
              (Collis  &  Moon en.  2001 ).  lstilah  UM  mengandung  makna
              beragam    UM    dapat   berarti   suatu   gagasan   yang
              memungkinkan  siapa  saja,  di  mana  saja  ia  berada  dapat
              belajar pada sebuah universitas sambil bekerja atau berada di
              rumah.  lstilah  UM  dipergunakan  untuk  menggambarkan
              universitas  tatap  muka  yang  menjadi  fleksibel   dalam  hal
              menawarkan  program  kepada  maha-siswa.  UM  memungkin-
              kan  mobilitas  serta  partisipasi  maha-siswa  pada  suatu  mata
              kuliah  atau  program  di  berbagai  institusi.  Apapun  pengertian
              yang  diberikan,  UM  dapat dilaksanakan  dengan  memanfaat-
              kan  Internet atau  menyebarkan  pengetahuan melalui jaringan
              (web).


          3.  Operasionalisasi  UM  Operasionalisasi  UM  menimbulkan
              konsekuensi  serta  implikasi  dalam  berbagai  perspektif
              Pertama  dari  perspektif  mahasiswa,  UM  meningkatkan
              mobilitas  dan  interaksi  antara  mahasiswa  dan  dosen  tanpa
              melalui  kegiatan  tatap  muka  serta  partisipasi  dalam  aktivitas
              belajar.  Kedua  dari  perspektif  dosen.  UM  meningkatkan
              peluang  kerja  sama,  kolaborasi  penelitian  serta  interaksi
              profesional  bagi  dosen  serta  mahasiswa  yang  dibimbingnya.



          32
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52