Page 48 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 48
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
Ketiga dari perspektif institusi, UM memberikan peluang
dalam peningkatan jumlah mahasiswa, jaringan kemitraan,
pengurangan biaya dan waktu perjalanan, efisiensi dalam
diseminasi dan akses informasi tentang program pendidikan
Keempat dari perspektif strategis, UM meningkatkan
kesadaran multikultural, internasional serta pengenalan
bahasa lain. Dan kelima dari perspektif teknologi, UM
memberikan prospek baru dalam pemberian layanan kepada
pengguna jasa, penelitian, serta peluang kreatif lainnya (Collis
& Moonen, 2001 ). Namun demikian, berbagai implikasi
tersebut dapat diwujudkan dengan memenuhi persyaratan
yang dikehendaki bagi operasionalisasi UM yang dapat
memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna Jasa pendidikan
tinggi.
4. Hambatan yang dialami dalam penerapan UM. Beberapa
eksperimentasi dilakukan untuk mengoperasionalisasikan
UM Beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat
seperti Columbia University dan Harvard University
menerapkan UM dengan mengubah mata kuliah biasa
menjadi mata kuliah be/ajar melalui tindakan, menggunakan
simulasi dan bimbingan berbasis jaringan. Mata kuliah dalam
bidang bahasa dan administrasi bisnis diajarkan secara
online, balikan diberikan oleh seorang ahli yang berperan
sebagai mentor secara online pula. Proses pembelajaran
berbasis jaringan ini menghendaki mahasiswa untuk
menyelesaikan tugas secara runtun dan sistematik, mulai dari
membaca tugas, mengerjakan tugas, mengecek tugas,
menyerahkan tugas, menelaah masukan mentor, dan
mengkaji kembali secara kritis tugas yang telah diselesaikan
(Schank, 2002). Beberapa kesimpulan dari praktek UM di
negara lain menunjukkan bahwa Belajar-e menyediakan
33