Page 48 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 48

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



             Ketiga  dari  perspektif  institusi,  UM  memberikan  peluang
             dalam  peningkatan  jumlah  mahasiswa,  jaringan  kemitraan,
             pengurangan  biaya  dan  waktu  perjalanan,  efisiensi  dalam
             diseminasi  dan  akses  informasi  tentang  program  pendidikan
             Keempat  dari   perspektif  strategis,   UM   meningkatkan
             kesadaran  multikultural,  internasional  serta  pengenalan
             bahasa  lain.  Dan  kelima  dari  perspektif  teknologi,  UM
             memberikan  prospek  baru  dalam  pemberian  layanan  kepada
             pengguna jasa,  penelitian,  serta peluang kreatif lainnya (Collis
             &  Moonen,  2001 ).  Namun  demikian,  berbagai  implikasi
             tersebut  dapat  diwujudkan  dengan  memenuhi  persyaratan
             yang  dikehendaki  bagi  operasionalisasi  UM  yang  dapat
             memenuhi kebutuhan dan  harapan pengguna Jasa pendidikan
             tinggi.


         4.  Hambatan  yang  dialami  dalam  penerapan  UM.  Beberapa
             eksperimentasi  dilakukan  untuk  mengoperasionalisasikan
             UM  Beberapa  universitas  terkemuka  di  Amerika  Serikat
             seperti   Columbia   University   dan   Harvard   University
             menerapkan  UM  dengan  mengubah  mata  kuliah  biasa
             menjadi  mata  kuliah  be/ajar melalui  tindakan,  menggunakan
             simulasi  dan  bimbingan  berbasis jaringan.  Mata  kuliah  dalam
             bidang  bahasa  dan  administrasi  bisnis  diajarkan  secara
             online,  balikan  diberikan  oleh  seorang  ahli  yang  berperan
             sebagai  mentor  secara  online  pula.  Proses  pembelajaran
             berbasis  jaringan   ini   menghendaki  mahasiswa  untuk
             menyelesaikan tugas secara runtun  dan  sistematik,  mulai dari
             membaca  tugas,  mengerjakan  tugas,  mengecek  tugas,
             menyerahkan  tugas,  menelaah  masukan  mentor,  dan
             mengkaji  kembali  secara  kritis  tugas  yang  telah  diselesaikan
             (Schank,  2002).  Beberapa  kesimpulan  dari  praktek  UM  di
             negara  lain  menunjukkan  bahwa  Belajar-e  menyediakan



                                                                   33
   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53