Page 51 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 51
Zuhairi, Suparman, Toha, Universitas Maya (Virtual): ....
inovasi UM, sehingga sumber daya dapat dimanfaatkan
secara optimal Jaringan kemitraan ini perlu dibangun di
antara sesama universitas secara nasional dan internasional
Dan keempat, program UM berkualitas bukanlah program
sederhana dan berbiaya murah dan kualitas harus benar-
benar dijaga, baik kualitas materi pendidikan maupun bagai-
mana materi pendidikan itu dirancang sesuai dengan kaidah
dan teori belajar. Program UM bukanlah sekadar aksesoris
dengan maksud agar suatu institusi terlihat mengikuti mode
dan bertindak ikut-ikutan dalam mengem-bangkan program
maya/virtual sehingga menghasilkan gelar virtual.
C. Sistem Jaminan Kualitas dalam Pendidikan
Jarak Jauh/UM
Kualitas menjadi agenda penting pemerintah serta pihak
yang berkepentingan dengan bidang pendidikan. Pengguna
memiliki harapan agar sistem pendidikan menghasilkan produk,
layanan, proses serta lulusan berkualitas sebagai imbalan atas
kontribusi pengguna yang makin meningkat dalam upaya
memperoleh pendidikan. Sedangkan pemerintah ingin menjamin
akuntabilitas institusi yang sebagian sumber dananya berasal dari
masyarakat. Pihak yang berkepentingan memiliki kepedulian yang
sungguh-sungguh terhadap kualitas untuk menghasilkan SDM
yang kompetitif dalam era global Perbaikan kualitas
berkelanjutan menjadi keharusan bagi institusi PJJ. Gerakan
perbaikan kualitas PJJ di tingkat nasional maupun internasional
telah diupayakan dengan tindakan nyata dalam bentuk kebijakan
nasional maupun institusional (Zuhairi & Suparman, 2002). Sistem
jaminan kualitas dalam PJJ meliputi seluruh aspek
penyelenggaraan PJJ, yaitu: kebijakan dan perencanaan, sumber
daya manusia, manajemen dan administrasi, mahasiswa, desain
36