Page 51 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 51

Zuhairi,  Suparman,  Toha,  Universitas  Maya  (Virtual):  ....



            inovasi  UM,  sehingga  sumber  daya  dapat  dimanfaatkan
            secara  optimal  Jaringan  kemitraan  ini  perlu  dibangun  di
            antara  sesama  universitas  secara  nasional dan  internasional
            Dan  keempat,  program  UM  berkualitas  bukanlah  program
            sederhana  dan  berbiaya  murah  dan  kualitas  harus  benar-
            benar  dijaga,  baik  kualitas  materi  pendidikan  maupun  bagai-
            mana  materi  pendidikan  itu  dirancang  sesuai  dengan  kaidah
            dan  teori  belajar.  Program  UM  bukanlah  sekadar  aksesoris
            dengan  maksud  agar  suatu  institusi  terlihat  mengikuti  mode
            dan  bertindak  ikut-ikutan  dalam  mengem-bangkan  program
            maya/virtual sehingga menghasilkan gelar virtual.


         C.  Sistem Jaminan Kualitas dalam Pendidikan
            Jarak Jauh/UM
                Kualitas  menjadi  agenda  penting  pemerintah  serta  pihak
         yang  berkepentingan  dengan  bidang  pendidikan.  Pengguna
         memiliki  harapan  agar  sistem  pendidikan  menghasilkan  produk,
         layanan,  proses  serta  lulusan  berkualitas  sebagai  imbalan  atas
         kontribusi  pengguna  yang  makin  meningkat  dalam  upaya
         memperoleh  pendidikan.  Sedangkan  pemerintah  ingin  menjamin
         akuntabilitas institusi yang  sebagian sumber dananya berasal dari
         masyarakat.  Pihak yang berkepentingan memiliki kepedulian  yang
         sungguh-sungguh  terhadap  kualitas  untuk  menghasilkan  SDM
         yang   kompetitif   dalam   era   global   Perbaikan   kualitas
         berkelanjutan  menjadi  keharusan  bagi  institusi  PJJ.  Gerakan
         perbaikan  kualitas  PJJ  di  tingkat  nasional  maupun  internasional
         telah  diupayakan  dengan  tindakan  nyata  dalam  bentuk kebijakan
         nasional maupun institusional (Zuhairi & Suparman, 2002).  Sistem
         jaminan   kualitas   dalam   PJJ   meliputi   seluruh   aspek
         penyelenggaraan  PJJ,  yaitu:  kebijakan dan  perencanaan,  sumber
         daya  manusia,  manajemen  dan  administrasi,  mahasiswa,  desain




         36
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56