Page 52 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 52

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



          dan  pengembangan  program,  desain  dan  pengembangan  mata
          kuliah,  bantuan  belajar,  penilaian  hasil  belajar,  dan  media
          pembelajaran (UT, 2002).
                 ln~titusi yang  demokratis  menghendaki  manajemen  yang
          terbuka,  akuntabel  dan  praktek  tata  pamong  yang  baik.  Fokus
          pada  pengguna  jasa  menjadi  strategi  penting  bagi  kelestarian
          institusi.  Dalam  konteks  PJJ,  fokus  pada  pengguna  berarti
          memahami  apa  yang  mereka  ingin  pelajari,  bagaimana  mereka
          belajar,  bantuan  belajar  macam  apa  yang  mereka  perlukan,
          berapa banyak waktu yang  mereka habiskan untuk belajar,  media
          apa  yang  dipergunakan,  gaya  belajar  seperti  apa  yang  mereka
          miliki,  dan  seterusnya.  lnstitusi  PJJ  harus mampu mengantisipasi
          dan  memenuhi kebutuhan pengguna.  Pengguna jasa saat ini jauh
          lebih  terdidik  karena  banyaknya  serta  mudahnya  informasi  yang
          dapat  mereka  akses.  Pengguna  jasa  menjadi  makin  kritis
          terhadap  layanan  PJJ  yang  ditawarkan dan  mereka juga memiliki
          fleksibilitas  dalam  memilih  layanan  terbaik  sesuai  dengan
          kebutuhan dan kondisi mereka.
                 lnstitusi  PJJ  ditantang  untuk  menyesuaikan  dengan
          keharusan  kondisi  globalisasi  serta  internasionalisasi  dalam
          penyediaan  layanan  pendidikan.  lnstitusi  perlu  mengembangkan
         jaringan  kerja  sama  melalui  pengembangan  program  bersama,
          alih  kredit,  pengakuan  mata  kuliah,  dan  sebagainya.  Pengguna
         jasa  PJJ  memiliki  keleluasaan  dalam  program  PJJ  macam  apa
         yang  mereka  butuhkan,  bagaimana  mereka  akan  belajar,  dan
          institusi  berkualitas  yang  menyediakan  layanan  dengan  harga
         yang  terjangkau.  Mengembangkan  kompetensi  inti  institusi
         menjadi sangat penting  dalam  meningkatkan  daya  saing  institusi.
         lnstitusi  PJJ  harus  mengidentifikasi  kompetensi  inti  dalam  hal
         produk,  penyediaan  materi  pendidikan  yang  benar  dan  didesain
         dengan  baik,  layanan,  aktivitas,  serta  pengguna  dan  memenuhi
         ekspektasi  pengguna  jasa   sesuai  dengan  kemampuan  dan



                                                                  37
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57