Page 59 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 59

Yunus dan Pannen,  Pengembangan Bahan Ajar ....



         harus  didasarkan  atas  teori  psikologi  khususnya  teori  belajar
         orang dewasa,  sosio-kultural pebelajar, desain instruksional, serta
         riset  tentang  fitur-fitur  tipografis  bahan  ajar  cetak  yang  dapat
         membantu  pebelajar  independen  untuk  menggunakannya.
         Tegasnya,  bahan  ajar cetak dalam  konteks  PT JJ  didesain  bukan
         hanya  memperhatikan  segi  kebenaran  isi,  tetapi  juga  ketepatan
         komunikasi,  tata saji,  dan  pedagogik.  Jika tidak,  maka bahan ajar
         yang  dihasilkan  tak  lebih  dari  sekedar  buku  teks  belaka,  yang
         lebih  berorientasi  pada  isi  dan  bersifat  impersonal  karena
         memang sasaran penggunanya sangat umum.
                Mengingat  kompleksitasnya,  pengembangan  bahan  ajar
         PT  JJ  pada  umumnya  dilakukan  oleh  suatu  tim  bahan  ajar  yang
         terdiri  dari  lima  unsur dengan tugas yang  berlainan,  yaitu:  (1)  ahli
         materi,  yang  menulis dan  menelaah substansi materi;  (2) spesialis
         media,  yang  memproduksi  media  yang  mendukung  atau
         melengkapi  bahan  ajar cetak seperti  audio,  video,  Pembelajaran
         Berbantuan  Komputer  (PBK);  (3)  ahli  teknologi  pendidikan,  yang
         membantu  penataan struktur isi,  klasifikasi tujuan,  seleksi media,
         aktivitas  siswa,  dan  evaluasi;  (4)  editor,  yang  menyunting  teks;
         serta (5) manajer pengembangan mata kuliah,  yang menjaga agar
         proses  pengembangan  dan  produksi  bahan  ajar  berjalan  seperti
         yang  diharapkan  (Hawkridge,  dalam  Lockwood,  1994).  Banyak-
         nya  elemen  yang  terlibat  menyebabkan  kerja  tim  memerlukan
         waktu yang cukup panjang,  sekitar tiga tahun dari awal penulisan
         hingga produksi cetak.
                Cara  lain  untuk  menangani  pengembangan  bahan  ajar
         ialah  melalui  tim  pengubah.  Tim   terdiri  dari:  (1)  komponen
         pemrakarsa,  yakni  para ahli materi  yang  bertugas menghasilkan
         buram;  (2)  komponen  penata  yang  dipandu  oleh  ahli  teknologi
         pendidikan, yakni para ahli yang  bertugas menata atau mengolah
         hasil  kerja  komponen  pemrakarsa  menjadi  kemasan  multimedia
         yang   dapat   membelajarkan   mahasiswa    secara   efektif.



         46
   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64