Page 70 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 70
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
retrospektif, serta latihan, pemberian tugas, dan penilaian diri
yang disertai dengan rambu-rambu yang sesuai.
Lockwood ( 1994) menyajikan tiga model yang dapat
digunakan untuk mengaktifkan mahasiswa dalam belajar dengan
modul atau bahan ajar cetak.
1. Tutorial Cetak
Tutorial adalah bantuan belajar yang diberikan seorang
tutor untuk membantu dan memotivasi mahasiswa
memecahkan persoalan belajar, mengatasi kesulitan
penguasaan konsep atau keterampilan, serta memantapkan
pemahaman mahasiswa, yang berujung pada pemicuan dan
pemacuan belajar. Persoalan sebaiknya muncul dari
mahasiswa. Kalau tidak, maka tutorlah yang mengambil
insiatif dengan cara memunculkan permasalahan untuk
memicu belajar mahasiswa. Dalam tutorial, tutor lebih
berperan sebagai pendukung, fasilitator, dan motivator,
daripada sebagai guru apalagi sebagai juru cerita atau
tukang ceramah atau penerus informasi belaka.
lmplikasi dari konsep tutorial-cetak tersebut adalah ketika
menulis bahan ajar, penulis hendaknya membayangkan
dirinya sebagai tutor yang sedang berinteraksi dengan
pebelajar. Berbagai aktivitas belajar dibangun bersamaan
dengan sajian dan kajian materi ajar. Serangkaian pertanyaan
dan permasalahan dimunculkan sehingga siswa dapat
menginternalisasi pembelajaran yang dijalaninya. Contoh dan
kasus diberikan untuk mengolah daya nalar dan refleksi
mahasiswa. Penguatan dan balikan pun dilontarkan agar
mahasiswa dapat menilai sendiri ketepatan tanggapan yang
disampaikannya. Semuanya dikemas dengan suasana, nada
tulis, dan tanda-tanda tertentu (warna, bentuk huruf, simbol,
57