Page 73 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 73
Yunus dan Pannen, Pengembangan Bahan Ajar ....
a. Topik demi topik, yang dapat dipelajari mahasiswa
secara berurut.
b. Urutan waktu, untuk memudahkan sajian yang memiliki
struktur materi yang luas seperti sejarah atau tahapan
dalam proses ilmiah.
c. Ruang demi ruang atau lingkaran mempunyai pusat yang
sama. yang didasarkan pada ruang atau hubungan
geografis materi ajar seperti anatomi, kimia struktur, atau
fungsi-fungsi dalam suatu organisasi.
d. Struktur logis atau hierarkis. ya1tu suatu tahapan tertentu
harus dikuasai lebih dulu sebelum memasuki tahapan
berikutnya.
e. Berpusat pada masalah, yang bertolak dari suatu kasus
atau serangkaian persoalan yang berhubungan dengan
minat atau pengalaman mahasiswa.
f. Urutan spiral, yang mengupas konsep-konsep dan
hubungan di antara berbagai konsep yang diperkenalkan
pada sajian awal, kemudian dikembangkan bersama-
sama sehingga pemahaman mahasiswa tentang konsep-
konsep itu semakin berkembang ke arah yang lebih
rum it
g. Runut ke belakang, yang mengajak pebelajar untuk
mengenal suatu proses secara keseluruhan dan
mengajarkan hal yang paling akhir terlebih dahulu.
Misalnya, mahasiswa diajak untuk menafsirkan suatu
hasil tes kimia sebelum dia memperoleh keterampilan
yang secara formal disajikan oleh penulis.
Dalam penyajian materi ajar. berbagai model itu dapat
dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan.
60