Page 71 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 71
Yunus dan Pannen, Pengembangan Bahan Ajar ....
dsb.). Pebelajar diminta untuk mengingat dan mengungkap-
kan kembali informasi, mendefinisikan suatu konsep,
menganalisis suatu kasus, mengomentari suatu pernyataan,
menginterpretasi atau membandingkan data, mengerjakan
tugas, mencari sumber lain, serta mendiskusikan sesuatu
dengan sesama pebelajar.
Pendeknya, bahan ajar seharusnya menggambarkan apa
yang dilakukan penulis, selaku tutor dan mahasiswa. Penulis
membangun keterampilan belajar yang memungkinkan
pebelajar mendapatkan gambaran tentang materi ajar secara
utuh, serta belajar mengintegrasikan apa yang telah dipelajari
sebelumnya dengan apa yang telah diajarkan, sebelum
balikan diberikan.
Berbagai hal yang dapat digunakan untuk menciptakan
tutorial cetak di antaranya adalah sebagai berikut.
• Konteks, yang menjelaskan topik, masalah, gagasan,
atau apa pun yang dapat memicu aktivitas belajar
mahasiswa.
• Tipografi, tanda-tanda tertentu yang mengingatkan siswa
untuk berhenti atau melakukan aktivitas tertentu.
• Judul, untuk mengidentifikasi aktivitas tertentu dan
membedakannya dari yang lain.
• Rasional, untuk menjelaskan betapa suatu aktivitas itu
penting dilakukan.
• Waktu, untuk menunjukkan ruang lingkup dan kedalaman
sebuah respons yang harus diberikan mahasiswa (tentu
saja tergantung pada minat, kemampuan, dan
pengalaman pebelajar).
• lnstruksi, untuk memberikan petunjuk kepada pebelajar.
tentang cara memberikan respons yang diharapkan.
• Ruang, untuk mencatat respons mahasiswa.
58