Page 71 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 71

Yunus dan  Pannen,  Pengembangan Bahan Ajar ....



             dsb.).  Pebelajar diminta  untuk  mengingat  dan  mengungkap-
             kan  kembali  informasi,  mendefinisikan  suatu  konsep,
             menganalisis suatu kasus,  mengomentari  suatu pernyataan,
             menginterpretasi  atau  membandingkan  data,  mengerjakan
             tugas,  mencari  sumber  lain,  serta  mendiskusikan  sesuatu
             dengan sesama pebelajar.
                 Pendeknya,  bahan ajar seharusnya menggambarkan apa
             yang  dilakukan  penulis,  selaku  tutor dan  mahasiswa.  Penulis
              membangun  keterampilan  belajar  yang  memungkinkan
              pebelajar mendapatkan gambaran tentang  materi ajar secara
             utuh,  serta  belajar mengintegrasikan apa  yang telah  dipelajari
              sebelumnya  dengan  apa  yang  telah  diajarkan,   sebelum
              balikan diberikan.
                 Berbagai  hal  yang  dapat  digunakan  untuk  menciptakan
             tutorial cetak di antaranya adalah sebagai berikut.
              •   Konteks,  yang   menjelaskan  topik,  masalah,  gagasan,
                 atau  apa  pun   yang  dapat  memicu  aktivitas  belajar
                 mahasiswa.
              •   Tipografi,  tanda-tanda  tertentu  yang  mengingatkan  siswa
                 untuk berhenti atau melakukan aktivitas tertentu.
              •   Judul,  untuk  mengidentifikasi  aktivitas  tertentu  dan
                 membedakannya dari yang lain.
              •   Rasional,  untuk  menjelaskan  betapa  suatu  aktivitas  itu
                 penting dilakukan.
              •   Waktu,  untuk menunjukkan  ruang  lingkup dan kedalaman
                 sebuah  respons  yang  harus  diberikan  mahasiswa  (tentu
                 saja   tergantung   pada   minat,   kemampuan,   dan
                 pengalaman pebelajar).
              •   lnstruksi,  untuk  memberikan  petunjuk  kepada  pebelajar.
                 tentang cara memberikan respons yang diharapkan.
              •   Ruang,  untuk mencatat respons mahasiswa.





          58
   66   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76