Page 74 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 74
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
2. Panduan Kegiatan Refleksi
lnformasi yang cukup perlu diberikan kepada mahasiswa agar
dapat belajar melalui bahan ajar dengan baik. Juga balikan
yang dapat digunakan mahasiswa untuk menilai sendiri tugas
atau pertanyaan yang diresponsnya. Konsep ini didasarkan
atas beberapa asumsi berikut.
a. Berbagai aktiv1tas hanya menawarkan saran dan
panduan bagi kegiatan pebelajar: aktivitas dalam konteks
nyata dan bervariasi. yaitu sejumlah keterampilan atau
kemampuan dikembangkan, diperluas, atau diperbaiki.
b. Pebelajar harus dilibatkan secara aktif dalam berpikir
kritis dan reflektif yang dikaitkan dengan pengalaman
belajarnya.
c. Pelbagai aktivitas kerap menuntut, menyita waktu, dan
terkait dengan situasi unik yang ditemukan oleh pebelajar.
Untuk itu, penulis bahan ajar harus betul-betul sadar bahwa
mahasiswa bukanlah orang yang sama sekali tidak
mengetahui apapun, tetapi juga bukan orang yang telah
mengetahui segalanya. Dengan berbagai cara, penulis
hendaknya memancing dan menantang mahasiswa untuk
menghubungkan dan mengungkapkan pengetahuan,
pengalaman, serta pendapatnya ketika berhadapan dengan
topik sajian yang baru Peluang untuk berbeda pendapat
antara penulis dan mahasiswa pun sebaiknya selalu dibuka.
Karena itu, selain materi ajar, penulis pun hendaknya
menyajikan pula strategi belajar termasuk cara-cara
pemecahan suatu kasus atau masalah, memberikan rambu-
rambu pengerjaan tugas, dan rambu atau kunci jawaban atas
soal atau permasalahan yang diajukan, sehingga mahasiswa
61