Page 74 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 74

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



         2.  Panduan Kegiatan Refleksi
             lnformasi yang cukup perlu  diberikan kepada mahasiswa agar
             dapat  belajar  melalui  bahan  ajar dengan  baik.  Juga  balikan
             yang dapat digunakan  mahasiswa untuk menilai sendiri tugas
             atau  pertanyaan  yang  diresponsnya.  Konsep  ini  didasarkan
             atas beberapa asumsi berikut.
             a.  Berbagai  aktiv1tas  hanya  menawarkan  saran  dan
                 panduan  bagi  kegiatan  pebelajar:  aktivitas dalam konteks
                 nyata  dan  bervariasi.  yaitu  sejumlah  keterampilan  atau
                 kemampuan dikembangkan, diperluas, atau diperbaiki.
             b.  Pebelajar  harus  dilibatkan  secara  aktif  dalam  berpikir
                 kritis  dan  reflektif  yang  dikaitkan  dengan  pengalaman
                belajarnya.
             c.   Pelbagai  aktivitas  kerap  menuntut,  menyita  waktu,  dan
                terkait dengan situasi unik yang ditemukan oleh pebelajar.


             Untuk itu,  penulis  bahan  ajar harus betul-betul sadar  bahwa
             mahasiswa  bukanlah  orang  yang     sama  sekali  tidak
             mengetahui  apapun,  tetapi  juga  bukan  orang  yang  telah
             mengetahui  segalanya.  Dengan  berbagai  cara,  penulis
             hendaknya  memancing  dan  menantang  mahasiswa  untuk
             menghubungkan     dan    mengungkapkan     pengetahuan,
             pengalaman,  serta  pendapatnya  ketika  berhadapan  dengan
             topik  sajian  yang  baru  Peluang  untuk  berbeda  pendapat
             antara  penulis  dan  mahasiswa  pun  sebaiknya  selalu  dibuka.
             Karena  itu,  selain  materi  ajar,  penulis  pun  hendaknya
             menyajikan   pula   strategi   belajar  termasuk   cara-cara
             pemecahan  suatu  kasus  atau  masalah,  memberikan  rambu-
             rambu  pengerjaan tugas,  dan  rambu  atau  kunci jawaban atas
             soal  atau  permasalahan  yang  diajukan,  sehingga  mahasiswa





                                                                   61
   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79