Page 79 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 79
Yunus dan Pannen, Pengembangan Bahan Ajar ....
memperhatikari karakteristik dan kebutuhan pebelajar. Namun
demikian, sumber daya manusia, waktu, dan dana yang
dibutuhkan untuk keperluan tersebut merupakan tantangan
tersendiri dalam mengembangkan bahan ajar dengan cara
tersebut.
E. Prosedur Pengembangan Bahan Ajar
Open Universiteit di Belanda yang kontak tatap muka
mahasiswa-dosennya sangat sedikit, menempatkan kualitas
bahan ajar sebagai kunci penting dalam memenuhi tujuan belajar
siswa. Bahan ajar cetak diperkaya dengan perangkat pendukung
(disingkat: PPBA) yang melekat di dalamnya, seperti rancangan
lanjutan, tes awal dan tes akhir, tugas, isi, indeks, margin teks,
contoh, skema, dll. PPBA dirancang untuk memotivasi dan
mengaktifkan mahasiswa dalam mempelajari substansi:
mengakses dan mengakrabi isi, serta menguji penguasaan
substansi. Bobot PPBA adalah sekitar 40-45 persen dari
keseluruhan muatan bahan ajar cetak. Petimbangan ini dibuat
karena populasi mahasiswa sangat heterogen dari sisi
kemampuan intelektual dan ekonomi sehingga diperlukan bahan
ajar yang fleksibel.
Ada tiga tahap yang dilalui dalam pengembangan dan
produksi bahan ajar cetak. Ketiganya adalah penyusunan,
penataan, dan realisasi (Ross dalam Lockwood, 1995).
1. Penyusunan
Seperti dikemukakan pada awal tulisan 1n1,
pengembangan bahan ajar cetak PT JJ melibatkan berbagai
keahlian yang sulit dibayangkan dimiliki oleh hanya satu orang.
66