Page 79 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 79

Yunus dan Pannen,  Pengembangan  Bahan Ajar ....



          memperhatikari  karakteristik  dan  kebutuhan  pebelajar.  Namun
          demikian,   sumber  daya  manusia,  waktu,  dan  dana  yang
         dibutuhkan  untuk  keperluan  tersebut  merupakan  tantangan
         tersendiri  dalam  mengembangkan  bahan  ajar  dengan  cara
         tersebut.



          E.  Prosedur Pengembangan Bahan Ajar
                 Open  Universiteit  di  Belanda  yang  kontak  tatap  muka
          mahasiswa-dosennya  sangat  sedikit,  menempatkan  kualitas
          bahan  ajar sebagai kunci  penting  dalam memenuhi tujuan  belajar
          siswa.  Bahan ajar cetak diperkaya dengan perangkat pendukung
          (disingkat:  PPBA)  yang  melekat di  dalamnya,  seperti  rancangan
          lanjutan,  tes  awal  dan  tes  akhir,  tugas,  isi,  indeks,  margin  teks,
         contoh,  skema,  dll.   PPBA  dirancang  untuk  memotivasi  dan
          mengaktifkan   mahasiswa    dalam   mempelajari   substansi:
          mengakses  dan    mengakrabi  isi,  serta  menguji  penguasaan
          substansi.   Bobot   PPBA  adalah  sekitar  40-45  persen  dari
          keseluruhan  muatan  bahan  ajar  cetak.  Petimbangan  ini  dibuat
          karena   populasi  mahasiswa  sangat  heterogen  dari   sisi
          kemampuan  intelektual  dan  ekonomi  sehingga  diperlukan  bahan
          ajar yang fleksibel.
                 Ada  tiga  tahap  yang  dilalui  dalam  pengembangan  dan
          produksi  bahan  ajar  cetak.  Ketiganya  adalah  penyusunan,
         penataan, dan realisasi (Ross dalam Lockwood,  1995).


          1.  Penyusunan
                 Seperti   dikemukakan    pada    awal   tulisan   1n1,
          pengembangan  bahan  ajar  cetak  PT JJ  melibatkan  berbagai
          keahlian  yang  sulit  dibayangkan  dimiliki  oleh  hanya  satu  orang.





          66
   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84