Page 75 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 75
Yunus dan Pannen, Pengembangan Bahan Ajar 0000
dapat menilai sendiri ketepatan jawaban yang diberikannya
dan kemajuan belajar yang diraihnya.
3. Dialog Tertulis
Seperti dikemukakan sebelumnya, bahan ajar merupakan
representasi dan sekaligus media interaksi yang aktif-kreatif
antara pebelajar dengan pengajar, yang dapat membangun
hubungan emosional-sosial yang bersifat virtual. Bahan ajar
PT JJ bukan hanya berisi materi ajar, tetapi juga kegiatan dan
pengalaman belajar yang memberdayakan dan mengaktifkan
siswa. Karakter bahan ajar seperti ini tentu berpengaruh
terhadap ragam bahasa yang digunakan oleh penulis.
Untuk ini, penulis perlu menggunakan dialog tertulis dalam
mengembangkan bahan ajar PT JJ. Dialog tertulis
melontarkan ide-ide yang memungkinkan mahasiswa terlibat
secara aktif dalam bertukar makna, serta membangun dan
memantapkan makna. Penulis dan pebelajar berbagi ide,
gagasan, dan pengalaman dalam hubungan sosial yang
relatif sejajaro Begitu pula dialog tertulis dapat menciptakan
suasana yang akrab, yang dapat mengurangi rasa isolasi
mahasiswa PT JJ
Untuk menumbuhkan suasana dialogis, dapat digunakan
beberapa gaya tulis berikut.
a. Pribadi, artinya menggunakan kata-kata ganti diri yang
dapat membangkitkan imajinasi seolah-olah ketika
mempelajari bahan ajar, pebelajar berhadapan dan
berinteraksi langsung dengan penulis. Karenanya,
penggunaan kata sapaan seperti Anda atau Saudara,
serta kata ganti jamak yang menunjukkan pengakuan
62