Page 80 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 80
PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH
Oleh karena itu, pengembangan bahan dilakukan oleh tim. Tim
bekerja melaksanakan tugas-tugas sebagai berikut.
a. Merancang bahan ajar, yang dari segi substansi dituangkan
dalam bentuk Profil Rancangan Mata Kuliah (PRMK). Di
dalam PRMK termuat analisis instruksional suatu mata kuliah,
rancangan materi mata kuliah, serta Garis Besar Program
Pembelajaran (GBPP), yang di antaranya berisikan
kompetensi mata kuliah, tujuan pembelajaran, modus dan
materi pembelajaran.
b. Mengembangkan bahan ajar mata kuliah berdasarkan profil
rancangan mata kuliah yang telah disusun. Pada fase ini
dilakukan penulisan dan penelaahan bahan ajar. Penelaahan
dilakukan dari segi materi, bahasa, desain instruksional, dan
format standar bahan ajar.
Di UT, sekitar 80 persen bahan ajar mata kuliah
dikembangkan oleh para dosen yang direkrut dari pelbagai
perguruan tinggi negeri atau swasta terkemuka. Agar mereka
dapat mengembangkan bahan ajar cetak yang sesuai dengan
karakteristik PT JJ, terlebih dahulu diberikan pelatihan bagi yang
baru pertama kali terlibat, atau penyegaran bagi mereka yang
pernah terlibat sebagai pengembang sebelumnya. Namun
demikian, pelatihan itu tidak selalu dan serta-merta membuat
pengembang dapat menghasilkan bahan ajar yang dihasilkan
sesuai dengan standar UT. Di sinilah peran para penyunting
bahan aja[ yang biasanya berasal dari tim UT, melakukan
penyuntingan bahasa, desain instruksional, dan format.
Berdasarkan pengalaman, kendala atau tantangan yang
muncul dalam pengembangan bahan ajar adalah sebagai berikut.
a. Karena kesibukan para dosen, bahan ajar kerap tidak dapat
diselesaikan dalam waktu yang telah disepakati. Tak jarang
lebih dari satu tahun. Belum lagi jika mereka mengundurkan
67