Page 649 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 649

PENDIDIKAN TlNGGl  JARAK  JAUH



             Dengan  lima  hari  kerja,  dan  dengan  asumsi  bahwa  rata-rata
             penerimaan  per  hari  sama,  setiap  hari  diterima  10  buah  judul
             dengan  jumlah  40 000  set  bahan  ajar.  Dengan  tujuh  jam  efektif
             kerja  per hari,  sekitar dua judul dengan jumlah lebih  dari 5000 set
             harus  diterima  dan  disimpan  dalam  gudang  oleh  Pusat  Distribusi
             per jam.
                     Dalam  waktu  yang  hampir  bersamaan  dilakukan  dua
             proses,  yaitu  menerima  dan  menyimpan  di  tempat  yang  telah
             ditentukan.  Untuk  itu  maka  gudang  penyimpanan  bahan  ajar  di
             UT -Pusat,  dengan  luas  5000  meter  persegi,  dipersiapkan  untuk
             dapat  menampung  bahan  ajar  tersebut.  Gudang  bahan  ajar  UT
             yang  berlokasi  di  UT-Pusat  dibagi  atas  5  lokasi  dan  didesain
             berdasarkan  kebutuhan  penyimpanan  dan  pendistribusian  bahan
             ajar tersebut.
                     Pengelompokan  atas  dasar  fakultas  merupakan  salah
             satu  contoh  pengelompokan  bahan  ajar.  Hal  ini  dilakukan
             mengingat  ada  fakultas  yang  mempunyai  banyak  program  studi,
             namun  jumlah  mahasiswa  aktif  per  program  studi  tidak  besar
             (Tabel  5).  Bahan  ajar  fakultas  berdasarkan  jumlah  judul  cukup
             banyak,  namun dari segi  volume per judul bahan  ajar tidak terlalu
             banyak.  Ada fakultas yang mempunyai relatif  sedikit mata kuliah,
             dan  jenis  bahan  ajarnya  pun  tidak  banyak.  Namun,  karena
             mahasiswa  yang  meregistrasi  mata  kuliah  tersebut  sangat
             banyak,  volume  bahan  ajar ini  lebih  banyak dibandingkan dengan
             bahan  ajar  lainnya.  Dengan  demikian,  desain  rak-rak   dalam
             gudang  penyimpanan  bahan  ajar mengacu  pada  asumsi tersebut
             sehingga ruang yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal
                     Pengelompokan  lainnya  adalah  untuk  bahan  ajar
             multimedia.  Bahan  ajar  ini  membutuhkan  proses  penggabungan
             atau  perakitan  terlebih  dahulu  sebelum ditata dalam bentuk  paket
             bahan  ajar  multimedia.  Proses  penerimaan  setiap  jenis  media
             diterima  dalam  waktu  dan  jumlah  yang  berbeda.  Karena  itu,



             644
   644   645   646   647   648   649   650   651   652   653   654