Page 649 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 649
PENDIDIKAN TlNGGl JARAK JAUH
Dengan lima hari kerja, dan dengan asumsi bahwa rata-rata
penerimaan per hari sama, setiap hari diterima 10 buah judul
dengan jumlah 40 000 set bahan ajar. Dengan tujuh jam efektif
kerja per hari, sekitar dua judul dengan jumlah lebih dari 5000 set
harus diterima dan disimpan dalam gudang oleh Pusat Distribusi
per jam.
Dalam waktu yang hampir bersamaan dilakukan dua
proses, yaitu menerima dan menyimpan di tempat yang telah
ditentukan. Untuk itu maka gudang penyimpanan bahan ajar di
UT -Pusat, dengan luas 5000 meter persegi, dipersiapkan untuk
dapat menampung bahan ajar tersebut. Gudang bahan ajar UT
yang berlokasi di UT-Pusat dibagi atas 5 lokasi dan didesain
berdasarkan kebutuhan penyimpanan dan pendistribusian bahan
ajar tersebut.
Pengelompokan atas dasar fakultas merupakan salah
satu contoh pengelompokan bahan ajar. Hal ini dilakukan
mengingat ada fakultas yang mempunyai banyak program studi,
namun jumlah mahasiswa aktif per program studi tidak besar
(Tabel 5). Bahan ajar fakultas berdasarkan jumlah judul cukup
banyak, namun dari segi volume per judul bahan ajar tidak terlalu
banyak. Ada fakultas yang mempunyai relatif sedikit mata kuliah,
dan jenis bahan ajarnya pun tidak banyak. Namun, karena
mahasiswa yang meregistrasi mata kuliah tersebut sangat
banyak, volume bahan ajar ini lebih banyak dibandingkan dengan
bahan ajar lainnya. Dengan demikian, desain rak-rak dalam
gudang penyimpanan bahan ajar mengacu pada asumsi tersebut
sehingga ruang yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal
Pengelompokan lainnya adalah untuk bahan ajar
multimedia. Bahan ajar ini membutuhkan proses penggabungan
atau perakitan terlebih dahulu sebelum ditata dalam bentuk paket
bahan ajar multimedia. Proses penerimaan setiap jenis media
diterima dalam waktu dan jumlah yang berbeda. Karena itu,
644