Page 647 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 647
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
Ketiga, UT-Pusat melakukan analisis terhadap pola
registrasi mahasiswa berdasarkan data registrasi mahasiswa
untuk setiap mata kuliah yang ditawarkan pada beberapa
semester sebelumnya. Data registrasi mata kuliah ini merupakan
data nasional dari semua UPBJJ. Namun, data ini tidak
sepenuhnya menjadi acuan yang akurat, mengingat adanya
perbedaan jumlah mahasiswa yang teregistrasi dan mahasiswa
aktif pada setiap semester (Tabel 1 & Tabel 5). Keempat, data
mata kuliah yang ditawarkan pada semester tersebut. Kelima,
data stok terakhir di UT-Pusat. Terakhir, data perkiraan kontrak
kerja sama yang akan dilakukan UT dengan Pemda, atau instansi
lainnya yang akan memberikan beasiswa kepada karyawan di
instansi tersebut. Berdasarkan data di atas, akan ditetapkan suatu
angka perkiraan kebutuhan bahan ajar bagi mahasiswa
Untuk bahan ajar yang baru pertama diterbitkan, data
perkiraan kebutuhan bahan ajar ditentukan berdasarkan jumlah
mahasiswa aktif dalam program studi dan mata kuliah yang
ditawarkan tersebut. Di samping itu juga berdasarkan perkiraan
data kesiapan master bahan ajar cetak dan bahan ajar noncetak.
Prediksi ini tidaklah selalu tepat, terutama untuk
mahasiswa reguler karena tidak semua bahan ajar dibeli oleh
mahasiswa. Bahan ajar UT juga digunakan oleh institusi lain. Hal
lain yang sangat berpengaruh adalah karena sifat 'terbuka' untuk
registrasi, maka UT tidak dapat secara pasti menetapkan mata
kuliah apa yang akan diambil oleh mahasiswa pada semester
tertentu. Hal 1ni akan berdampak pada tingginya frekuensi
permintaan bahan ajar dari UPBJJ. Namun, seperti halnya yang
terjadi di UPBJJ, dengan penggunaan data prediksi,
penyimpangan yang terjadi antara perkiraan dan kebutuhan
bahan ajar dapat diperkecil.
Produk yang dihasilkan dari proses prediksi kebutuhan
bahan ajar, merupakan acuan UT dalam melakukan reproduksi
642