Page 647 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 647

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



                    Ketiga,   UT-Pusat  melakukan  analisis  terhadap  pola
             registrasi  mahasiswa  berdasarkan  data  registrasi  mahasiswa
             untuk  setiap  mata  kuliah  yang  ditawarkan  pada  beberapa
             semester sebelumnya.  Data  registrasi  mata  kuliah  ini  merupakan
             data  nasional  dari  semua  UPBJJ.  Namun,  data  ini  tidak
             sepenuhnya  menjadi  acuan  yang  akurat,  mengingat  adanya
             perbedaan  jumlah  mahasiswa  yang  teregistrasi  dan  mahasiswa
             aktif  pada  setiap  semester  (Tabel  1  &  Tabel  5).  Keempat,  data
             mata  kuliah  yang  ditawarkan  pada  semester  tersebut.  Kelima,
             data  stok  terakhir  di  UT-Pusat.  Terakhir,  data  perkiraan  kontrak
             kerja sama yang  akan dilakukan UT dengan  Pemda,  atau  instansi
             lainnya  yang  akan  memberikan  beasiswa  kepada  karyawan  di
             instansi tersebut.  Berdasarkan data di atas,  akan ditetapkan suatu
             angka perkiraan kebutuhan bahan ajar bagi mahasiswa
                    Untuk  bahan  ajar  yang  baru  pertama  diterbitkan,  data
             perkiraan  kebutuhan  bahan  ajar  ditentukan  berdasarkan  jumlah
             mahasiswa  aktif  dalam  program  studi  dan   mata  kuliah  yang
             ditawarkan  tersebut.  Di  samping  itu  juga  berdasarkan  perkiraan
             data kesiapan master bahan ajar cetak dan bahan ajar noncetak.
                    Prediksi  ini  tidaklah  selalu  tepat,  terutama  untuk
             mahasiswa  reguler  karena  tidak  semua  bahan  ajar  dibeli  oleh
             mahasiswa.  Bahan  ajar UT juga digunakan  oleh  institusi  lain.  Hal
             lain  yang  sangat berpengaruh  adalah  karena  sifat 'terbuka'  untuk
             registrasi,  maka  UT  tidak  dapat  secara  pasti  menetapkan  mata
             kuliah  apa  yang  akan  diambil  oleh  mahasiswa  pada  semester
             tertentu.  Hal  1ni  akan  berdampak  pada  tingginya  frekuensi
             permintaan  bahan  ajar dari  UPBJJ.  Namun,  seperti  halnya  yang
             terjadi  di   UPBJJ,   dengan  penggunaan    data   prediksi,
             penyimpangan  yang  terjadi  antara  perkiraan  dan  kebutuhan
             bahan ajar dapat diperkecil.
                    Produk  yang  dihasilkan  dari  proses  prediksi  kebutuhan
             bahan  ajar,  merupakan  acuan  UT  dalam  melakukan  reproduksi


             642
   642   643   644   645   646   647   648   649   650   651   652