Page 650 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 650
Solei man dan listyarini, Pengelolaan Distribusi ....
dibutuhkan tempat penyimpanan untuk masing-masing jenis dan
judul bahan ajar secara terpisah. Setelah dilakukan proses
perakitan menjadi paket bahan ajar multimedia, paket bahan ajar
ini akan ditempatkan pada lokasi yang terpisah.
Pengelompokan lainnya adalah untuk bahan ajar
mahasiswa PGSD. Sistem paket mata kuliah per semester bagi
mahasiswa PGSD menyebabkan bahan ajar untuk setiap mata
kuliah harus dikemas menjadi paket untuk semester tertentu.
Karena jumlah setiap judul bahan ajar ini sangat banyak maka
perlu dipersiapkan tempat penyimpanan dan pengemasan
tersendiri. Meskipun demikian, karena sebagian besar mahasiswa
PGSD menerima beasiswa, maka pengadaan bahan ajar tetap
dicetak sesuai dengan kebutuhan. Atau dengan lain perkataan,
untuk mahasiswa PGSD setelah dilakukan perakitan paket mata
kuliah dalam satu semester, hampir seluruh bahan ajar
didistribusikan.
Seluruh penempatan bahan ajar di dalam gudang didata
dengan dua cara, yaitu 1) di kartu barang yang terletak
berdampingan dengan barang tersebut dan 2) di aplikasi
komputer. Hal ini dilakukan karena proses pengeluaran bahan
ajar dari gudang atau pendistribusian bahan ajar diawali dengan
proses pembuatan surat permintaan pengiriman bahan ajar yang
dilakukan melalui komputer secara administratif kemudian melalui
pengambilan bahan ajar secara fisik
Pendistribusian bahan ajar dilakukan berdasarkan surat
permintaan dari UPBJJ yang dikirim melalui pos atau fax kepada
UT-Pusat. Prosedur ini dilakukan mengingat bahwa UPBJJ yang
mengetahui secara lebih baik kebutuhan bahan ajar mahasiswa,
baik dari segi jenis atau judul, maupun dari sisi jumlah. Selain itu,
UPBJJ dapat mengusulkan tujuan pengiriman bahan ajar
bersangkutan, untuk lokasi-lokasi yang sulit dijangkau dari kota
UPBJJ.
645