Page 654 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 654
Soleiman dan Listyarini, Pengelolaan Distribusi ....
Dengan bertumpang tindihnya waktu pelaksanaan
penerimaan dan pendistribusian, serta tingginya beban kerja di
masing-masing bidang kegiatan, maka beberapa kesalahan
pelaksana dapat terjadi. Untuk menekan tingkat kesalahan ini
dilakukan prosedur validasi atau pengecekan pada saat dilakukan
proses serah terima bahan ajar dari satu bidang ke bidang
lainnya. Proses pengecekan dibuat secara tertulis dan merupakan
bukti pelaksanaan kegiatan bagi pelaksana di suatu bidang. Bukti
tertulis ini penting untuk dilakukan, karena akan digunakan juga
sebagai bahan untuk menelusuri pertanyaan yang timbul dari
UPBJJ ataupun dari pihak lain.
C. Pemanfaatan Jaringan dan Mitra Kerja
Pendistribusian bahan ajar ke-27 lokasi tujuan pengiriman
(Tabel 4) di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok, harus
dilayani dengan menggunakan alat transportasi yang dimiliki UT
(toko buku mengambil bahan ajar yang dipesannya ke UT-Pusat).
Sisanya, sekitar 29 lokasi tujuan pengiriman, harus dilakukan
dengan menggunakan jasa angkutan yang ada.
Besarnya volume bahan ajar yang harus dikirim oleh UT,
terutama untuk wilayah Indonesia Timur, dengan pesawat udara
yang digunakan berukuran kecil maka keberangkatan bahan ajar
dilakukan secara bertahap. Dengan demikian, untuk mengetahui
keberadaan bahan ajar, UT berkoordinasi dengan jasa angkutan
yang digunakan.
Dalam penentuan perusahaan jasa angkutan bahan ajar,
terdapat beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan, yaitu:
• Jaringan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut di daerah
atau akses perusahaan tersebut ke daerah-daerah, terutama
daerah yang sarana transportasinya sangat terbatas.
• Kecepatan angkutan (lead time).
649