Page 656 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 656
Solei man dan Llstyarini, Pengelolaan Distribusi ....
dan kelompok belajar yang berada dalam wilayah
pengelolaannya. Walaupun untuk daerah tertentu bahan ajar
dikirim langsung kepada kelompok belajar. pengiriman langsung
ini dilakukan atas usulan dari UPBJJ. Hal ini dilakukan agar
UPBJJ dapat melakukan kontrol terhadap layanan UT kepada
mahasiswa yang dikoordinasikan oleh kelompok belajar.
Dari kedua jenis mahasiswa yang dilayani di atas. UPBJJ
berhadapan langsung dengan mahasiswa atau pengelola
kelompok belajar yang bertindak sebagai konsumen. Dengan
demikian, layanan bahan ajar dari UPBJJ merupakan cerminan
layanan bahan ajar UT.
D. Simpulan dan Saran
1. Simpulan
Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan
beberapa hal sebagai berikut.
a. Dalam pendistribusian bahan ajar kepada mahasiswa, ada
beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan:
• Ketersebaran mahasiswa.
• Keadaan geografi dan sarana transportasi di Indonesia.
• Keakuratan dan kecepatan pengolahan data.
Hal ini akan mempengaruhi waktu proses yang dibutuhkan
untuk penyediaan bahan ajar agar dapat diperoleh
mahasiswa pada waktu yang tepat.
b. Tingginya volume bahan ajar dan sedikitnya waktu yang
tersedia. baik pada saat proses reproduksi maupun proses
penyiapan pendistribusian bahan ajar, menyebabkan
koordinasi antara unit di UT Pusat maupun antara UT-Pusat
dan UPBJJ harus baik, agar permintaan dari UPBJJ dapat
dilayani dalam waktu yang tepat.
651