Page 642 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 642
Soleiman dan listyarini, Pengelolaan Distribusi ....
A. Peran Distribusi dalam PT JJ
Dengan rnemperhatikan jenis mahasiswa, sistem layanan
kepada mahasiswa, jumlah mahasiswa, dan ketersebaran
mahasiswa maka UT berkewajiban mempersiapkan bahan ajar
untuk mahasiswa dalam waktu, jumlah, dan untuk lokasi yang
tepat. Untuk mendukung hal ini, beberapa hal perlu menjadi
pertimbangan dalam mendistribusikan bahan ajar. Butir-butir
tersebut adalah
• geografi dan demografi Indonesia;
• dadwal pengelolaan bahan ajar;
• keakuratan data dan tujuan pengiriman.
1. Geografi dan Demografi Indonesia
Indonesia adalah negara kepulauan yang terbagi atas tiga
wilayah, yaitu Indonesia Bagian Barat, Tengah, dan Timur. Pulau
Sumatera, Jawa, dan pulau-pulau di sekitarnya termasuk dalam
wilayah Indonesia Bagian Barat Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan
Lombok termasuk dalam wilayah Indonesia Tengah. Indonesia
Bag ian Timur terdiri atas Irian Jaya dan kepulauan Maluku.
Sebagian besar penduduk Indonesia terdapat di wilayah
Indonesia Bagian Barat sehingga sebagian besar mahasiswa UT
pun berada di Indonesia Bagian Barat. Saat ini UT memiliki 34
Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) tempat mahasiswa
melakukan registrasi dan menerima layanan proses belajar
lainnya. Sebanyak 69% dari mahasiswa UT teregistrasi di 26
UPBJJ di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok (tabel 1 ),
sisanya tersebar di delapan UPBJJ di luar wilayah ini.
Ketersebaran penduduk ini berpengaruh kepada sarana
transportasi di wilayah tersebut. Sarana transportasi Indonesia
Bagian Barat jauh lebih baik dibandingkan dengan wilayah
637