Page 637 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 637
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
proses pengajaran, untuk selanjutnya bahan ajar tersebut
digunakan oleh mahasiswa untuk belajar secara mandiri.
Mahasiswa PT JJ yang mempelajari bah an ajar secara
mandiri, bukan berarti mahasiswa belajar seorang diri
(Holmberg, 1986), karena selain belajar sendiri mahasiswa juga
dapat membentuk kelompok belajar atau mengikuti tutorial. Di UT,
hasil belajar mahasiswa dievaluasi secara formatif melalui latihan-
latihan dan tes yang terdapat dalam bahan ajar dan Tugas
Mandiri (TM), serta tugas-tugas tutorial. Evaluasi formatif ini
berkontribusi 15-30% terhadap nilai akhir mahasiswa. Evaluasi
sumatif dilakukan setiap akhir semester pada Ujian Akhir
Semester (UAS) yang dilaksanakan secara serentak di seluruh
Indonesia.
Secara umum, proses belajar di setiap institusi PJJ
berlangsung dengan cara seperti proses belajar di UT, hanya
pada beberapa PT JJ proses tutorial berlangsung lebih intensif,
seperti media televisi pada University of the Air, Jepang (Padmo &
Pribadi. 1999), atau media komputer melalui internet seperti
Catalunya University, Spanyol (kunjungan delegasi Catalunya
University ke UT, 14 Maret 2003).
Apapun bentuk tutorial yang berlangsung pada PT JJ,
materi utama dalam pembelajarannya terfokus pada bahan ajar
yang ditulis oleh para dosen. Bahan ajar pad a institusi PT JJ
berfungsi sebagai pengganti dosen sehingga bahan ajar tersebut
harus dapat dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa. Pada
umumnya, bahan ajar di PT JJ dikembangkan dalam bentuk
tertulis, yang berupa bahan ajar cetak meskipun sebagian disertai
dengan suplemen yang berbentuk bahan ajar multi media.
Demikian juga bahan ajar di UT, semua dikembangkan dalam
bentuk tercetak, sebagian dari bahan ajar cetak ini disertai
dengan bahan ajar yang disajikan dalam media lain seperti: kaset
632