Page 637 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 637

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



             proses  pengajaran,  untuk  selanjutnya  bahan  ajar  tersebut
             digunakan oleh mahasiswa untuk belajar secara mandiri.
                    Mahasiswa  PT JJ  yang  mempelajari  bah an  ajar  secara
             mandiri,   bukan   berarti   mahasiswa   belajar  seorang   diri
             (Holmberg, 1986),  karena  selain  belajar  sendiri  mahasiswa  juga
             dapat membentuk kelompok belajar atau  mengikuti tutorial.  Di  UT,
             hasil belajar mahasiswa dievaluasi secara formatif melalui latihan-
             latihan  dan  tes  yang  terdapat  dalam  bahan  ajar  dan  Tugas
             Mandiri  (TM),  serta  tugas-tugas  tutorial.  Evaluasi  formatif  ini
             berkontribusi  15-30%  terhadap  nilai  akhir  mahasiswa.  Evaluasi
             sumatif  dilakukan  setiap  akhir  semester  pada  Ujian  Akhir
             Semester  (UAS)  yang  dilaksanakan  secara  serentak  di  seluruh
             Indonesia.
                    Secara  umum,  proses  belajar  di  setiap  institusi  PJJ
             berlangsung  dengan  cara  seperti  proses  belajar  di  UT,  hanya
             pada  beberapa  PT  JJ  proses  tutorial  berlangsung  lebih  intensif,
             seperti media televisi pada University of the Air,  Jepang (Padmo &
             Pribadi.  1999),  atau  media  komputer  melalui  internet  seperti
             Catalunya  University,  Spanyol  (kunjungan  delegasi  Catalunya
             University ke UT,  14 Maret 2003).
                    Apapun  bentuk  tutorial  yang  berlangsung  pada  PT  JJ,
             materi  utama  dalam  pembelajarannya  terfokus  pada  bahan  ajar
             yang  ditulis  oleh  para  dosen.  Bahan  ajar  pad a  institusi  PT JJ
             berfungsi  sebagai  pengganti  dosen  sehingga  bahan  ajar tersebut
             harus  dapat  dipelajari  secara  mandiri  oleh  mahasiswa.  Pada
             umumnya,  bahan  ajar  di  PT JJ  dikembangkan  dalam  bentuk
             tertulis,  yang  berupa bahan ajar cetak meskipun sebagian disertai
             dengan  suplemen  yang  berbentuk  bahan  ajar  multi  media.
             Demikian  juga  bahan  ajar  di  UT,  semua  dikembangkan  dalam
             bentuk  tercetak,  sebagian  dari  bahan  ajar  cetak  ini  disertai
             dengan bahan  ajar yang  disajikan dalam media lain  seperti:  kaset




            632
   632   633   634   635   636   637   638   639   640   641   642