Page 641 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 641

PENDIDIKAN TINGGI  JARAK JAUH



            melalui  pendidikan  tinggi  jarak  jauh  agar  terjadi  pemerataan
            kesempatan  bagi  masyarakat  untuk  memperoleh  pendidikan
            tinggi".
                   Dalam  salah  satu  analisis situasi yang diterangkan dalam
            Renstra  UT,  dinyatakan  bahwa  untuk menjembatani  kesenjangan
            kualitas  pendidikan  tinggi  di  tanah  air,  diperlukan  adanya
            penyebarluasan   bahan   ajar   cetak   dan   noncetak   serta
            pelaksanaan  evaluasi  hasil  belajar  yang  baku  di  seluruh  wilayah
            Indonesia.  Selanjutnya,  Renstra  UT  menyatakan  bahwa  dalam
            rencana   pengembangan    10   tahun   kemudian   UT  akan
            memperluas  kesempatan  belajar  bagi  masyarakat  luas  dengan
            cara  meningkatkan  penggunaan  teknologi dan jaringan  kemitraan
            sehingga  dapat memperluas daya jangkau  pelayanan  pendidikan
            tinggi sampai kepada masyarakat di daerah terpencil.
                   Pada  strategi  pelaksanaan,  Renstra  UT  menjabarkan
            pentingnya  melakukan  kerja  sama  dengan  institusi  lain,  terutama
            dalam  upaya  memperluas  kesempatan  belajar.  Prioritas  utama
            yang   dilakukan   UT  untuk   mencapai   upaya   ini   adalah
            meningkatkan  daya  jangkau  pelayanan  dengan  memanfaatkan
            teknologi dan jaringan, termasuk pemberdayaan sumber belajar di
            daerah.  Prioritas  kedua  diarahkan  pada  pemanfaatan  jaringan
            yang ada melalui kemitraan dengan berbagai pihak.
                   Sebagai  langkah  operasional  dari  Renstra  UT  mengenai
            pengelolaan   distribusi   bahan   ajar   maka   ditingkatkanlah
            pengelolaan  sistem  distribusi  bahan  ajar  baik  yang  bersifat
            manual  maupun  terkomputerisasi  disertai  pemanfaatan  jaringan
            dan  mitra  kerja,  yang  akan  dibahas  lebih  rinci  dalam  tulisan  di
            bawah  ini.  Pada  bab selanjutnya akan dijelaskan mengenai peran
            distribusi  bahan  ajar  dalam  PT JJ,  pengelolaan  sistem  distribusi
            bahan  ajar,  dan  pemanfaatan  jaringan  dan  mitra  kerja,  diakhiri
            dengan simpulan dan saran.




            636
   636   637   638   639   640   641   642   643   644   645   646