Page 401 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 401
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
Janicki et al (2002) mengajukan konsep rancangan
pembelajaran dalam jaringan belajar yang diklaim berlandaskan
pada prinsip-prinsip teori belajar, yaitu prinsip belajar yang
diperoleh dari teori belajar tingkah laku dan kognitif, serta teori
belajar berbasis sumber. Konsep rancangan pembelajaran
tersebut mengkombinasikan interaktivitas, multimedia dan kendali
pengguna. Prinsip-prinsip tersebut ialah sebagai berikut:
(1) Rancangan perlu menarik perhatian pengguna melalui
penerapan rancangan yang mudah dipahami, alat navigasi
yang konsisten, dan pribadi -- yaitu dapat membuat
pengguna merasa rancangan tersebut dibuat khusus
untuknya.
(2) Rancangan menginformasikan pada pembelajar mengenai
tujuan pembelajaran.
(3) Rancangan menyajikan daftar prasyarat yang perlu dikuasai
sebelum mengikuti suatu sesi.
(4) Rancangan dapat memelihara minat dan keterlibatan
pembelajar melalui beragam jenis sajian (teks, grafik, video,
dan suara).
(5) Rancangan menyediakan umpan balik melalui menu bantuan,
dan kemampuan untuk mengajukan pertanyaan.
(6) Rancangan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan
individual pembelajar dengan menyajikan banyak cara untuk
menyajikan suatu konsep.
(7) Rancangan mampu memperkuat kinerja pembelajar melalui
ajuan masalah dan tugas-tugas.
(8) Rancangan menyediakan umpan balik mengenai kinerja
kepada pembelajar dan instruktur
(9) Rancangan menyediakan penilaian kinerja melalui pengujian;
(1 O)Rancangan memiliki fasilitas pemantau dan pencatat
kemajuan instruktur.
395