Page 401 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 401

PENDIDIKAN TINGGI  JARAK JAUH


                 Janicki  et  al  (2002)  mengajukan  konsep  rancangan
          pembelajaran  dalam  jaringan  belajar  yang  diklaim  berlandaskan
         pada  prinsip-prinsip  teori  belajar,  yaitu  prinsip  belajar  yang
         diperoleh  dari  teori  belajar  tingkah  laku  dan  kognitif,  serta  teori
         belajar  berbasis  sumber.  Konsep  rancangan  pembelajaran
         tersebut mengkombinasikan interaktivitas,  multimedia dan  kendali
         pengguna.  Prinsip-prinsip tersebut ialah sebagai berikut:
         (1)  Rancangan  perlu  menarik  perhatian  pengguna  melalui
             penerapan  rancangan  yang  mudah  dipahami,  alat  navigasi
             yang  konsisten,  dan  pribadi  --  yaitu  dapat  membuat
             pengguna  merasa  rancangan  tersebut  dibuat  khusus
             untuknya.
         (2)  Rancangan  menginformasikan  pada  pembelajar  mengenai
             tujuan pembelajaran.
         (3)  Rancangan  menyajikan  daftar  prasyarat  yang  perlu  dikuasai
             sebelum mengikuti suatu sesi.
         (4)  Rancangan  dapat  memelihara  minat  dan  keterlibatan
             pembelajar  melalui  beragam  jenis  sajian  (teks,  grafik,  video,
             dan suara).
         (5)  Rancangan  menyediakan umpan balik melalui menu bantuan,
             dan kemampuan untuk mengajukan pertanyaan.
         (6)  Rancangan   dapat   menyesuaikan    dengan   kebutuhan
             individual  pembelajar dengan  menyajikan  banyak  cara  untuk
             menyajikan suatu konsep.
         (7)  Rancangan  mampu  memperkuat  kinerja  pembelajar  melalui
             ajuan masalah dan tugas-tugas.
         (8)  Rancangan  menyediakan  umpan  balik  mengenai  kinerja
             kepada pembelajar dan instruktur
         (9)  Rancangan menyediakan penilaian kinerja melalui pengujian;
         (1 O)Rancangan   memiliki  fasilitas  pemantau  dan   pencatat
             kemajuan instruktur.





                                                                 395
   396   397   398   399   400   401   402   403   404   405   406