Page 406 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 406
Wlnataputra, Sugllar, Hardhono, Membangun )aringan ....
C. UT Online sebagai Upaya UT untuk Membangun
suatu Jaringan Belajar Berskala Nasional
Pada bagian ini akan dibahas UT aline yang merupakan
upaya UT untuk membangun suatu jaringan belajar berskala
nasional. UT mempunyai mahasiswa tersebar di seluruh pelosok
tanah air dengan sumber belajar manusia internal yang di
antaranya terkonsentrasi di kantor pusat Pondok Cabe dan di 33
kantor cabang UT di seluruh Indonesia, serta sumber belajar
manusia eksternal (para penulis bahan belajar dan tutor) yang
juga tersebar di seluruh Indonesia. Komponen-komponen ini perlu
dikembangkan menjadi suatu Janngan belajar sehingga
komponen-komponen tersebut dapat berkomunikasi satu dengan
yang lain dengan peran ganda secara bergantian, kadang
sebagai nara sumber bagi mahasiswa dan kadang rnenjadi orang
yang belajar kepada orang lain yang tahu lebih dahulu.
Dalam hal ini, UT online, yang tujuan utamanya adalah
untuk membantu meningkatkan kualitas belajar mahasiswa
dengan menyediakan layanan bantuan belajar dapat dipandang
pula sebagai upaya membangun jaringan belajar berskala
nasional. Berikut ini adalah deskripsi UT online yang dibuat
dengan memakai kerangka Levin (1995) mengenai interaksi
pendidikan berbasis jaringan. Seperti telah dikemukakan, dalam
kerangka Levin tersebut terdapat lima komponen jaringan belajar,
yaitu: struktur, proses, mediasi, pengembangan komunitas
belajar, dan dukungan institusi.
Secara umum layanan yang tersedia melalui UT online
dapat dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu: informasi umum,
akademik, dan akses pada empat jurnal elektronik, database
penelitian dan ke-lndonesia-an (lnfosia), katalog perpustakaan
online, dan program AA/Pekerti online. UT online dapat diakses di
400