Page 404 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 404
Winataputra, Sugllar, Hardhono, Membangun ]arlngan ....
Rancangan tersebut memanfaatkan melimpah ruahnya informasi
dalam jaringan internet serta potensi pembelajar untuk
mengorganisasikan belajar secara mandiri. Seperti yang
dinyatakannya "Pertumbuhan internet membolehkan wadah
berbagai bentuk interaksi dan tujuan-tujuan untuk mendapatkan
kemba/i informasi dan saling berbagi pengetahuan, yang tak
mungkin dihasilkan o/eh metode pendidikan tradisional yang
tersituasi .. " (Dron, 2002:102). Selanjutnya, ia menyatakan bahwa
jaringan belajar merupakan lahan penelitian yang subur bilamana
memperhatikan pendayagunaan potensi kelompok pembelajar
dalam mengorganisasikan sendiri kegiatan belajarnya.
Suatu sistem jaringan belajar yang dinamakan CoFind
merupakan jaringan belajar yang dibangun untuk dapat
mengorganisasikan dirinya sendiri melalui ciri-ciri berikut ini:
(1) Topik. Topik ialah pengetahuan atau perilaku yang dipelajari
termasuk konsep, fakta dan prosedur. Topik tersebut diurut-
kan berdasarkan pada pilihan peserta, serta memperlihatkan
topik mana yang paling populer pada suatu saat. Peserta
dapat membuat topik sendiri. Topik-topik utama diajukan oleh
pengelola belajar. Topik-topik akan berkembang dan
menyesuaikan diri berdasarkan dinamika penilaian peserta.
(2) Forum diskusi. Wacana dalam forum diskusi diberi peringkat
berdasarkan pada jumlah pembacanya dan penilaian
kualitasnya oleh peserta. Frekuensi pembaca dan penilaian
terhadap suatu wacana ditampilkan pada daftar wacana yang
didiskusikan.
(3) Jadwal Kegiatan. Peserta dapat melihat jumlah peserta yang
mengikuti suatu kegiatan dalam kalender kegiatan tersebut,
sehingga kegiatan yang paling populer dapat diketahui
bersama.
398