Page 404 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 404

Winataputra,  Sugllar,  Hardhono,  Membangun ]arlngan ....



            Rancangan  tersebut  memanfaatkan  melimpah  ruahnya  informasi
            dalam  jaringan  internet  serta  potensi  pembelajar  untuk
            mengorganisasikan  belajar  secara  mandiri.   Seperti  yang
            dinyatakannya  "Pertumbuhan  internet  membolehkan  wadah
            berbagai  bentuk  interaksi  dan  tujuan-tujuan  untuk  mendapatkan
            kemba/i  informasi  dan  saling  berbagi  pengetahuan,  yang  tak
            mungkin  dihasilkan  o/eh  metode  pendidikan  tradisional  yang
            tersituasi  .. " (Dron,  2002:102).  Selanjutnya,  ia  menyatakan  bahwa
            jaringan belajar merupakan  lahan  penelitian  yang  subur bilamana
            memperhatikan  pendayagunaan  potensi  kelompok  pembelajar
            dalam mengorganisasikan sendiri kegiatan belajarnya.
                   Suatu  sistem  jaringan  belajar  yang  dinamakan  CoFind
            merupakan  jaringan  belajar  yang  dibangun  untuk  dapat
            mengorganisasikan dirinya sendiri melalui ciri-ciri berikut ini:
            (1)  Topik.  Topik ialah  pengetahuan  atau  perilaku  yang  dipelajari
                termasuk  konsep,  fakta  dan  prosedur.  Topik  tersebut  diurut-
                kan  berdasarkan  pada  pilihan  peserta,  serta  memperlihatkan
                topik  mana  yang  paling  populer  pada  suatu  saat.  Peserta
                dapat membuat topik sendiri.  Topik-topik utama diajukan oleh
                pengelola  belajar.  Topik-topik  akan  berkembang  dan
                menyesuaikan diri berdasarkan dinamika penilaian peserta.
            (2)  Forum  diskusi.  Wacana  dalam  forum  diskusi  diberi  peringkat
               berdasarkan  pada  jumlah  pembacanya  dan  penilaian
               kualitasnya  oleh  peserta.  Frekuensi  pembaca  dan  penilaian
               terhadap suatu wacana ditampilkan pada daftar wacana yang
               didiskusikan.
            (3)  Jadwal Kegiatan.  Peserta dapat melihat jumlah  peserta yang
               mengikuti  suatu  kegiatan  dalam  kalender  kegiatan  tersebut,
               sehingga  kegiatan  yang  paling  populer  dapat  diketahui
               bersama.







            398
   399   400   401   402   403   404   405   406   407   408   409