Page 399 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 399

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



         B.  Penerapan Prinsip-prinsip Pendidikan pada
             Jaringan Belajar

                 Meskipun  praktek  jaringan  belajar  melalui  internet  telah
         banyak  berkembang,  tampaknya  tidak  banyak  kerangka  teoretik
         yang  tersedia  yang  dapat  berfungsi  untuk  menggambarkan,
         menjelaskan,  memprediksi,  serta  mengontrol  kegiatan  jaringan
         belajar  tersebut.  Teori  tersebut  tidak  saja  berguna  untuk
         membentuk  'bahasa'  dalam  membahas  jaringan  belajar,  tetapi
         juga  untuk  menurunkan  prinsip-prinsip  yang  dapat  digunakan
         dalam  pengembangan  jaringan  belajar  berbasis  internet.  Dari
         sedikit  teori  jaringan  belajar  tersebut,  beberapa  di  antaranya
         menjadi pembahasan dalam makalah ini.
                 Dalam  sistem  penyelenggaraan  pendidikan  terdapat
         empat  komponen,  yaitu  pebelajar,  sumber  belajar,  konteks,  dan
         pengelola  belajar.  Menurut  Dron  (2002)  yang  membedakan
         sistem  pembelajaran  konvensional  dengan  pembelajaran  melalui
         jaringan  belajar  berbasis  internet  terletak  pada  komponen
         konteks.  Konteks  dibentuk  oleh  suatu  lingkungan  belajar.  Dalam
         lingkungan  jaringan  belajar  elekronik,  beberapa  unsur  dalam
         pendidikan  konvensional  dapat  dipertanyakan  atau  bahkan
         dihilangkan.  Kebutuhan  gedung  kuliah  yang  luas  dan  jadwal
         perkuliahan  yang  merepotkan  dapat  dihindarkan.  Komunikasi
         dapat dapat dikendalikan  oleh  mahasiswa,  bukan  oleh  kehadiran
         dosen.  Jaringan  belajar  melalui  komputer,  dengan  demikian,
         meminimalkan  beberapa  kebutuhan  seperti  pada  universitas
         konvensional,  dan  memungkinkan  universitas  mengkonsentrasi-
         kan  diri  pada  fungsi  utama  pendidikan,  yaitu  memfasilitasi  dan
         mengelola  belajar.  Dengan  demikian,  jaringan  belajar  elektronik
         dapat  dipandang  sebagai  suatu  konteks  pembelajaran,  bukan
         hanya  alat  pembelajaran.  lni  sesuai  dengan  yang  dikemukakan
         oleh  Lewis  dan  Romiszowski  (1996:  p.  14)  mengenai  Computer




                                                                 393
   394   395   396   397   398   399   400   401   402   403   404