Page 403 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 403

sumber  belajar  yang  tersedia  dalam  jaringan,  yang  tidak
            mungkin diperoleh melalui penyajian di kelas konvensional.


               Sebagaimana  dinyatakan  sebelumnya  bahwa  pemikiran
        teori  belajar  holistik  melandasi  pengembangan  jaringan  belajar.
        Upaya  membangun  jaringan  belajar  yang  berlandaskan  pada
        pemikiran  teori  belajar  yang  lebih  bersifat  holistik  dilakukan  oleh
        Dron (2002).  Postulat yang  ia  ajukan  ialah  bahwa jaringan  belajar
        merupakan  sistem  adaptif  yang  dibentuk  dan  diubah  melalui
        interaksi  antarkomponen  dalam  sistem  tersebut  Ia  mengidentifi-
        kasi  empat  komponen  yang  membentuk  sistem  jaringan  belajar,
        yaitu  (1)  peserta  didik,  (2)  sumber,  (3)  konteks dan  (4)  pengelola
        belajar.  Peserta didik ialah individu atau sekelompok individu yang
        bermaksud  belajar  melalui  bantuan  pihak  lain.  Sumber  ialah
        segala sesuatu yang  berada di  luar peserta didik sehingga belajar
        dimungkinkan  terjadi,  misalnya:  buku  pegangan,  buku  teks,  film,
        situs  web,  bangunan,  awan,  mesin,  dan  sebagainya.  Konteks
        ialah  lingkungan  belajar  yang  berubah  bilamana  diterapkan
        Janngan  belajar;  pengaturan  pada  jaringan  belajar  akan
        mengontrol  konteks  atau  lingkungan  belajar  tersebut.  Pengelola
        belajar,  atau  yang  biasa  disebut  pengajar,  ialah  pihak  yang
        membantu  belajar  peserta  didik;  pengajar  dapat  berbentuk
        pengajar  dalam  arti  tradisional,  ternan  atau  kolega,  sebaya  atau
        yang  lebih  tua,  atau  program  komputer  yang  memiliki  sistem
        pakar pengajar.
               Dron  menilai  bahwa  pembelajaran  pada  jaringan  belajar
        berbasis  internet  yang  ada  saat  ini  kebanyakan  masih
        menerapkan  rancangan  yang  mendasarkan  pada  peniruan  peran
        guru  pada  pembelajaran  tradisional.  Dalam  rancangan  jaringan
        belajar  yang  ia  kembangkan,  peran  guru  dimodifikasi  dengan
        mendayagunakan kombinasi antara kecerdasan dan pengetahuan
        kelompok  pebelajar yang  terlibat dalam jaringan  belajar tersebut.



                                                                397
   398   399   400   401   402   403   404   405   406   407   408