Page 398 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 398

Winataputra, Sugilar,  Hardhono,  Membangun Jaringan ....



         orang  dewasa  dari  Knowles  (1980).  Model  tersebut  bertolak  dari
         asumsi  bahwa  manusia  belajar  dari  pengalamannya  ketika
         mereka berhadapan dengan tantangan baru atau masalah melalui
         proses  belajar  mandiri,  berbasis  pengalaman  dan  keterpakaian
         segera.  Penerapan  konsep belajar seperti  itu  dipandang sepagai
         upaya  sistemik  untuk  melakukan  revitalisasi  belajar  aktif  dalam
         konteks pengembangan profesional.
                Paradigma  belajar  dalam  jaringan  belajar  dipandang
         sebagai teori mengetahui dan belajar yang  bersifat holistik karena
        tidak  melihat  individu  pebelajar  secara  terpisah,  tetapi  melihat
         fenomena  belajar  dalam  diri  manusia  secara  kes&luruhan
         sebagaimana  hal  itu  tampak sebagai  perwujudan  dari  kesadaran
         pribadi.  Pandangan  holistik  tentang  belajar  tersebut  sangat
         potensial  untuk  mendorong  berkembangnya  pandangan  tentang
         belajar   yang   menurut   Kolb   (1984)   mengkombinasikan
         pengalaman,  persepsi,  kognisi dan tingkah laku.  Proses dialektika
         itu  merupakan  hal  yang  sang at  sentral  dalam  "...  process  of
         creating  knowledge  through  the  transformation  of  experience
        learning." (Kolb,  1984:  p.  6).  Hal  yang  sangat  penting  dari  teori
         be/ajar holistik tersebut adalah  bahwa  belajar dipandang  sebagai
        proses  yang  berlandaskan  pengalaman,  melalui  resolusi  konflik
        dialektis  adaptasi  individu  secara  holistik  dengan  lingkungan,
         melibatkan  transaksi  individu  dengan  lingkungan,  dalam  konteks
         menyeluruh  proses  pembangunan  pengetahuan  (Kolb,  1984).
         Secara  keseluruhan  paradigma  pemikiran  teori  belajar  holistik
         itulah   yang   melandasi   mengapa  Janngan   belajar  perlu
        dikembangkan  sebagai  paradigma  pembelajaran  di  era  teknologi
        informasi dan globalisasi sekarang ini.










        392
   393   394   395   396   397   398   399   400   401   402   403