Page 395 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 395
Membangun ]aringan Belajar
tJh.-S.W~
~
_________ A.P. H~
enggunaan jaringan elektronik untuk interaksi belajar
semakin berkembang pesat. Pada tahun 2002 ditaksir
P terdapat 605,60 juta orang pengguna internet, dengan
kecenderungan jumlah pengguna yang meningkat setiap
tahunnya (Http:l!www.internet.com). Jaringan internet memung-
kinkan berbagai bentuk interaksi dan pertukaran informasi/
pengetahuan antarindividu yang terpisahkan oleh jarak atau
waktu. Berbagai bentuk interaksi tersebut menghadirkan suatu
jaringan belajar. Menurut Janicki (2002), orientasi penggunaan
internet telah berubah dari teknis komputer ke pendidikan, pada
tahun 1995 terdapat 31,4% pengguna dari kalangan teknis
komputer, dan 23,7% pengguna dari kalangan pendidik; tetapi
hanya dalam jangka satu tahun berubah menjadi 29,6% untuk
kalangan teknisi komputer, dan 27,8% untuk kalangan pendidik.
Dalam makalah ini secara singkat akan dibahas mengapa dan
bagaimana jaringan belajar, prinsip pendidikan yang melandasi
jaringan belajar, serta bagaimana membangun jaringan belajar
dengan model UT online.
389