Page 395 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 395

Membangun ]aringan Belajar







                                             tJh.-S.W~
                                                             ~
          _________ A.P.  H~




                 enggunaan  jaringan  elektronik  untuk  interaksi  belajar
                 semakin  berkembang  pesat.  Pada  tahun  2002  ditaksir
          P terdapat  605,60  juta  orang  pengguna  internet,  dengan
          kecenderungan  jumlah  pengguna  yang     meningkat  setiap
          tahunnya  (Http:l!www.internet.com).  Jaringan  internet  memung-
          kinkan  berbagai  bentuk  interaksi  dan  pertukaran  informasi/
          pengetahuan  antarindividu  yang  terpisahkan  oleh  jarak  atau
          waktu.  Berbagai  bentuk  interaksi  tersebut  menghadirkan  suatu
          jaringan  belajar.  Menurut  Janicki  (2002),  orientasi  penggunaan
          internet telah  berubah  dari  teknis  komputer  ke  pendidikan,  pada
          tahun  1995  terdapat  31,4%  pengguna  dari  kalangan  teknis
          komputer,  dan  23,7%  pengguna  dari  kalangan  pendidik;  tetapi
          hanya  dalam  jangka  satu  tahun  berubah  menjadi  29,6%  untuk
          kalangan  teknisi  komputer,  dan  27,8%  untuk  kalangan  pendidik.
          Dalam  makalah  ini  secara  singkat  akan  dibahas  mengapa  dan
          bagaimana  jaringan  belajar,  prinsip  pendidikan  yang  melandasi
          jaringan  belajar,  serta  bagaimana  membangun  jaringan  belajar
          dengan model UT online.








                                                                  389
   390   391   392   393   394   395   396   397   398   399   400