Page 400 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 400

Winataputra,  Sugilar,  Hardhono,  Membangun )aringan ....


         Mediated  Communication  (CMC)  bahwa  "ketika  jaringan  CMC
         mulai  digunakan  secara  serius,  sifat  dari  lingkungan  belajar-
         mengajar  tak  terelakkan  berubah".  Jadi,  penerapan  jaringan
         belajar  akan  mengubah  lingkungan  belajar.  Sejalan  dengan  itu,
         Levin  (1995)  menyatakan  bahwa  interaksi  dalam  jaringan
         elektronik  berbeda  dalam  beberapa  hal  dengan  interaksi
         konvensional,  sehingga  memerlukan struktur sosial yang  berbeda
         pula  untuk  mewadahinya.  Dari  sudut  pandang  pedagogis,
         pertanyaan  utama  yang  perlu  diajukan  adalah  bagaimana
         mengatur  jaringan  be/ajar  melalui  penerapan  prinsip-prinsip
         rancangan pembelajaran,  sehingga perubahan lingkungan be/ajar
         yang  terjadi  merupakan  lingkungan  be/ajar  yang  /ebih  efektif?
         Pembahasan  berikut  ini  adalah  beberapa  upaya  yang  telah
         dilakukan untuk menjawab pertanyaan ini.
                Levin  (1995)  membuat  kerangka  konseptual  dengan
         mengajukan  lima  komponen  jaringan  belajar,  yaitu:  struktur,
         proses,   mediasi,   pengembangan   komunitas   belajar,   dan
         dukungan   institusi.   Menurutnya,   kelima   faktor   tersebut
         menentukan  berhasil-tidaknya  suatu  kegiatan  jaringan  belajar
         berbasis  internet.  Sistem jaringan belajar yang  dinamakan SatEX
         (http:llwww.ed.uiuc.edu/courses!SATEXI)   menerapkan   kelima
        faktor  jaringan  belajar  tersebut.  Kerangka  konseptual  yang
        diajukan  oleh  Levin  tidak  bersifat  preskriptif  untuk  menjawab
         pertanyaan:  bagaimana  membangun  jaringan  belajar  yang
         efektif?  Meskipun  begitu,   pada  SatEX  dapat  ditemukan
        bagaimana    kelima   komponen    Janngan   belajar   tersebut
        dikembangkan.  Kontribusi yang diberikan oleh Levin terletak pada
         sejumlah  istilah  dalam  menjelaskan  kegiatan  jaringan  belajar.
         Pada  pembahasan  mengenai  UT  online  pada  bagian  akhir
         makalah  ini  akan  digunakan  penelaahan  berdasarkan  kerangka
        konseptual dari Levin.




         394
   395   396   397   398   399   400   401   402   403   404   405