Page 405 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 405

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



        (4)  Berita  dan  pengumuman.  Tempat  ini  diisi  oleh  berita  dan
           pengumuman yang berkaitan dengan kegiatan yang ada pada
           jadwal kegiatan serta undangan untuk membentuk kelompok.
       (5)  Daftar peserta.  lndikator keaktifan  peserta  dapat dilihat pada
           daftar ini.  Fasilitas  untuk  mengirimkan  pesan  pribadi  kepada
           seorang peserta juga terdapat dalam tempat ini.
       (6)  Daftar kelompok.  Daftar kelompok dapat diatur seperti  daftar
           peserta.  Peserta dapat mengirimkan  pesan  kepada  kelompok
           tertentu dan menyusun jadwal kegiatan kelompok.
       (7)  Ruang untuk bercakap-cakap.  Pada  tempat ini  peserta dapat
           melakukan interaksi secara waktu nyata dan mengorganisasi-
           kan sendiri kegiatan bercakap-cakap.


              Rancangan  awal  dari  CoFind  memfokuskan  pada
       penempatan sumber belajar kedalam lingkungan dan membiarkan
       sumber-sumber  tersebut  saling  berkompetisi.  Dengan  demikian,
       sumber belajar akan  menyesuaikan  diri terhadap  nilai-nilai  dalam
       suatu lingkungan jaringan belajar. CoFind merupakan sistem yang
       dinamis  dalam  suatu  jaringan  belajar  yang  kaya  informasi
       sehingga  tidak  memfokuskan  diri  pada  produksi  dan  diseminasi
       bahan  ajar.  Hal  ini  sesuai  dengan  yang  dinyatakan  oleh  Saba
       ( 1999)  bahwa  sistem  pembelajaran  yang  dinamis  dalam
       lingkungan  yang  kaya  informasi  tidak  bisa  dan  seyogyanya  tidak
       peduli  pada  produksi  dan  diseminasi  bahan  belajar  karena
       sesungguhnya  semua  itu  sudah  tersedia  di  sekitar  kita.  Hal  ini
       memberi  arti  bahwa  pemanfaatan  sumber  belajar  sangatlah
       penting.  Untuk itulah,  diperlukannya jaringan belajar agar mampu
       memfasilitasi proses pembelajaran tersebut.










                                                              399
   400   401   402   403   404   405   406   407   408   409   410