Page 390 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 390
Herman, Dampak Sistem Pendidikan Tinggi Jarak ....
G. PT JJ dan Lulusannya
Tampaknya masih muncul keraguan tentang mutu lulusan
PT JJ. Mung kin hal ini disebabkan oleh PT JJ merupakan hal baru
di Indonesia. Padahal waktu yang digunakan oleh mahasiswa
baik PTTM maupun PT JJ untuk bela jar tidaklah berbeda banyak.
Berdasarkan definisi satuan kredit semester (sks), 1 sks berarti
bahwa dalam satu semester waktu yang harus disediakan oleh
mahasiswa untuk belajar dalam satu minggu adalah 3 jam. Kalau
di PTTM, di dalam 1 sks terkandung kegiatan belajar sebanyak 1
jam belajar/ minggu dengan dosen secara langsung, di PT JJ hal
ini tidak ada. Akan tetapi dua jam sisanya tetap digunakan secara
mandiri oleh mahasiswa. Dengan demikian di PTTM untuk tiap
sks ada intervensi dosen dalam mempengaruhi belajar
mahasiswa. Namun di PT JJ seluruh waktu dalam 1 sks adalah
tanggung jawab mahasiswa sepenuhnya lntervensi dari luar,
biasanya berasal dari tutorial. Bila asumsi sistem sks digunakan
secara benar baik oleh mahasiswa dari PTTM ataupun PT JJ,
maka yang berbeda dari ke dua kelompok ini adalah usaha untuk
memenuhi tuntutan sks. Perbedaan yang signifikan tampak pada
lamanya waktu menyelesaikan studi. Di PT JJ beban kredit yang
diambil mahasiswa per semester umumnya tidak sebanyak yang
diambil oleh mahasiswa PTTM. Dengan demikian, waktu yang
dibutuhkan oleh mahasiswa PT JJ untuk menyelesaikan studi
menjadi lebih panjang.
Apa pun bidang yang ditekuni, mutu seseorang
ditentukan oleh usaha orang tersebut dalam mencapai target
mutu yang dia tentukan. Untuk bidang pendidikan, institusi hanya
dapat mengukur hasil yang diperoleh dalam belajar melalui
perangkat tes atau ujian yang ada. lnstitusi tidak dapat membuat
seseorang menjadi bermutu. Dengan perangkat yang ada,
institusi hanya dapat menghimbau atau sedikit memaksa agar
382