Page 388 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 388
Hennan, Dampak Sistem Pendidikan Tinggi Ja.~ra:..:.:k__:_··-··---------
Bagaimana dengan orang-orang yang tinggal jauh dari PTTM dan
ingin melanjutkan studinya?
Walaupun secara persentase jumlah mahasiswa di PT JJ
yang belum bekerja tidak sebanyak yang sudah bekerja, namun
dari sisi angka jumlah mereka tidaklah kecil. Penyebabnya adalah
banyak juga mahasiswa yang belum bekerja tetapi ingin
menempuh pendidikan di PT JJ dengan berbagai alasan, seperti
biaya studi di PT JJ lebih murah. Namun demikian, untuk dapat
melewati jenjang d1 PT JJ tetap saja mahasiswa, baik yang sudah
bekerja atau belum, baik yang sudah agak tua maupun yang lebih
muda, kesemuanya harus memiliki kemauan dan kemampuan
untuk belajar mandiri yang tinggi. Tanpa kemauan untuk belajar
secara mandin, mengikuti PT JJ hanyalah membuang-buang
waktu dan biaya
F. PT JJ dan Pengembangan Jumlah Mahasiswa
Dengan sistem bela jar jarak jauh yang dimiliki PT JJ,
apakah minat calon mahasiswa tetap tinggi ? Untuk menjawab
pertanyaan in1, perhatikan butir-butir pemasaran berikut ini yang
dimiliki oleh PT JJ. Ada dua hal utama di PT JJ yang tidak dimiliki
oleh PTTM, yaitu 1) SBJJ dan 2) biaya studi mahasiswa relatif
lebih murah dibandingkan dengan PTTM
Karena menggunakan SBJJ, PT JJ tidak mengharuskan
maha'5iswa datang ke kampus untuk mengikuti kuliah. Beban
kredit dan mata kuliah yang diambil juga ditentukan oleh
mahasiswa sendiri. Kelebihan ini sudah tentu dapat dimanfaatkan
oleh mereka yang tidak memiliki banyak waktu belajar di jam
kerja. Kuliah tatap muka biasanya akan berlangsung dari pukul
8 00 sampai pukul 16.00 walaupun ada juga PT yang
mengadakan kuliah di luar jam tersebut. Bagi mereka yang tidak
memiliki waktu belajar dan pukul 8.00- 16.00 sudah tentu PTJJ
380