Page 383 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 383

PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH



       memperlihatkan  tetap  terjadinya  perilaku  tertentu  secara  terus
       menerus  walaupun  muncul  halangan.  Adalah  sangat  logis
       mengatakan  bahwa  orang-orang  yang  memiliki  motivasi  tinggi
       untuk  mencapai  "sesuatu"  adalah  mereka  yang  memiliki  sikap
       pantang menyerah.
              Agar  berhasil  melewati  jenjang  yang  ada  di  PT JJ,
       mahasiswa harus mampu menciptakan keadaan atau situasi yang
       mampu  memunculkan  motivasi  untuk  dapat  belajar  secara
       mandiri.  Motivasi  dapat  menyebabkan  timbulnya  suatu  perilaku
       (Wiodkowski,  1985).  Demikian juga dalam  belajar,  peran  motivasi
       sangat  penting  (Slavin,  1991 ).  Bagaimana  mung kin  seseorang
       mau  belajar  tanpa  ada  motivasi  yang  mendorongnya  untuk
       melakukan  kegiatan  tersebut.  Wlodkowski  (1985)  menyatakan
       bahwa  motivasi  yang  dimiliki  seseorang  berpengaruh  besar
       terhadap usaha mereka untuk belajar.  Kalau  kemampuan  belajar
       mandiri sudah  tercipta,  untuk melewati jenjang  di  PT JJ  bukanlah
       hal yang sulit lagi.
              Menurut Wlodkowski  (1985)  ada  enam  faktor yang  dapat
       mempengaruhi motivasi untuk belajar.  Yang pertama adalah sikap
       terhadap  apa  yang  akan  dipelajari.  Sikap  ini  akan  menunjukkan
       apakah  seseorang  senang  atau  tidak  senang  terhadap  hal  yang
       akan  dipelajarinya.  Oleh  karena  itu,  penjelasan  ringkas  tentang
       konsep-konsep  yang  akan  dipelajari  haruslah  menarik.  Sajian
       bahan  ajar sudah  tentu juga harus  menarik.  Kalau  tidak  menarik,
       yang  timbul  adalah  kebosanan  dan  ini  akan  menurunkan  gairah
       mahasiswa untuk mempelajarinya.
              Faktor  kedua  adalah  kebutuhan  akan  materi  yang  akan
       dipelajari.  Mahasiswa di  PT JJ  harus tahu  dengan tepat  bahwa  ia
       memerlukan  pengetahuan  dari  materi  yang  akan  diambilnya.
       Karena  itu  memang  sebaiknya  teori-teori  yang  diajarkan
       diperlihatkan  manfaatnya  di  kehidupan  sehari-hari  atau  tampak
       kepentingannya  sebagai  bahan  dasar  untuk  mempelajari  teori



                                                               375
   378   379   380   381   382   383   384   385   386   387   388