Page 383 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 383
PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH
memperlihatkan tetap terjadinya perilaku tertentu secara terus
menerus walaupun muncul halangan. Adalah sangat logis
mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki motivasi tinggi
untuk mencapai "sesuatu" adalah mereka yang memiliki sikap
pantang menyerah.
Agar berhasil melewati jenjang yang ada di PT JJ,
mahasiswa harus mampu menciptakan keadaan atau situasi yang
mampu memunculkan motivasi untuk dapat belajar secara
mandiri. Motivasi dapat menyebabkan timbulnya suatu perilaku
(Wiodkowski, 1985). Demikian juga dalam belajar, peran motivasi
sangat penting (Slavin, 1991 ). Bagaimana mung kin seseorang
mau belajar tanpa ada motivasi yang mendorongnya untuk
melakukan kegiatan tersebut. Wlodkowski (1985) menyatakan
bahwa motivasi yang dimiliki seseorang berpengaruh besar
terhadap usaha mereka untuk belajar. Kalau kemampuan belajar
mandiri sudah tercipta, untuk melewati jenjang di PT JJ bukanlah
hal yang sulit lagi.
Menurut Wlodkowski (1985) ada enam faktor yang dapat
mempengaruhi motivasi untuk belajar. Yang pertama adalah sikap
terhadap apa yang akan dipelajari. Sikap ini akan menunjukkan
apakah seseorang senang atau tidak senang terhadap hal yang
akan dipelajarinya. Oleh karena itu, penjelasan ringkas tentang
konsep-konsep yang akan dipelajari haruslah menarik. Sajian
bahan ajar sudah tentu juga harus menarik. Kalau tidak menarik,
yang timbul adalah kebosanan dan ini akan menurunkan gairah
mahasiswa untuk mempelajarinya.
Faktor kedua adalah kebutuhan akan materi yang akan
dipelajari. Mahasiswa di PT JJ harus tahu dengan tepat bahwa ia
memerlukan pengetahuan dari materi yang akan diambilnya.
Karena itu memang sebaiknya teori-teori yang diajarkan
diperlihatkan manfaatnya di kehidupan sehari-hari atau tampak
kepentingannya sebagai bahan dasar untuk mempelajari teori
375